Pariwara
Hukum & Kriminal

Polres Bombana Ringkus Trio Pencuri dengan Kekerasan

Barang bukti hasil curian tiga sekawan berupa sepeda motor dan alat elektronik di Mapolres Bombana, Rabu (16/5/2018).

KENDARIPOS.CO.ID — Sepak terjang tiga sekawan pelaku pencurian dan kekerasan (Curas) berinisial AL, WI dan SD berakhir di tangan Polsek Lantari Jaya dan Polres Bombana. Aksi mereka yang selama ini meresahkan masyarakat terhenti setelah ditangkap. Salah seorang pelaku, SD diketahui adalah salah satu Daftar Pencarian Orang (DPO) kasus pembobolan brankas Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bombana tahun 2017. SD membawa kabur uang sebesar Rp 121 juta.

Kapolsek Lantari Jaya, Ipda Abdul Kadir menjelaskan kronologi penangkapan tiga pelaku bermula saat polisi mendapat laporan adanya curanmor. Polisi lalu melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Dibantu warga, polisi melakukan pencarian. “Saat itu dua pelaku yaitu AL dan WI yang tinggal dekat TKP pencurian juga ikut bersama warga membantu polisi mencari motor yang hilang. Mereka berusaha mengelabui petugas,” ujar Ipda Abdul Kadir saat ditemui di Mapolres Bombana, Rabu (16/5).

Saat pencarian sedang berlangsung, mendadak handphone pelaku AL berdering. Usai melihat handphonenya, sontak sikap AL berubah dan membuat polisi curiga. Polisi lalu mengamankan handphone AL dan ditemukan pesan singkat dari pelaku lainnya, SD yang memberitahu AL bahwa SD akan membeli sepeda motor curian dari AL dan WI. “Kedua pelaku kami amankan, dan memancing SD dengan menjawab SMS-nya dan mengatakan bahwa barang sudah ada dan siap dijual. SD yang pada saat itu ada di Kolaka Timur (Koltim) langsung dikejar dan kami berhasil tangkap SD,” jelas Ipda Abdul Kadir.

Dari tangan ketiga pelaku, pihak Polsek berhasil mengamankan tujuh unit sepeda motor berbagai merek, dan beberapa barang elektronik. Dimana para pelaku juga adalah pelaku pencurian rumah, dimana mereka melakukan aksinya pada dini hari. “Setelah mengamankan tiga pelaku, kami lakukan pengembangan,” beber Ipda Abdul Kadir. Pelaku dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. (kmr/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top