Pariwara
Konawe Selatan

Pemkab Konsel Tetapkan Safari Ramadan dan Zakat Fitrah

KAMALUDDIN/KENDARI POS
RAKOR : Suasana rapat bersama yang dipimpin Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga (kedua dari kiri) dalam persiapan kegiatan safari ramadan dan penetapan zakat fitrah.

KENDARIPOS.CO.ID — Persiapan menyambut bulan suci ramadhan dan Idul Fitri 1439 H, dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) dengan menetapkan sejumlah kesepakatan. Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga didampingi Asisten I Setkab, Agusalim, serta Kepala Kemenag, Adnan Saufi, mengungkapkan, sesuai Keputusan Kemenag RI, telah ditentukan awal puasa mulai Kamis (17/5).

“Kita akan melakukan persiapan mengisi kegiatan bulan ramadan dengan melakukan safari sekaligus menentukan besaran zakat fitrah,” jelas Surunuddin Dangga dalam dialog yang turut dihadiri Ketua Baznas, Ketua MUI dan para pejabat serta camat tersebut di ruang rapat Rujab Bupati, Rabu (16/5). Untuk safari ramadan, Pemkab akan memulainya pada Sabtu (19/5) mendatang selama 11 hari ke depan dan menjangkau 25 kecamatan.

Safari ramadan terbagi dalam tiga tim sehari yang bisa menyelesaikan kunjungannya pada tiga kecamatan sekaligus. Personelnya diikuti seluruh pimpinan SKPD dan bagian tanpa terkecuali, serta unsur Forkopimda, MUI dan Baznas. “Salah satu contoh alur pembagiannya, pada hari Sabtu tim akan safari di Kecamatan Laeya, Lainea dan Wolasi. Seluruh tim berbuka puasa dipusatkan di Puunggaluku, Kecamantan Laeya sekaligus peresmian Puskesmas setempat. Usai salat magrib tim berbagi tugas dan menyebar kedua kecamatan berikutnya yang telah di tentukan, dan selanjutnya sama di wilayah lain,” urai Surunuddin.

Setiap tim yang telah dibentuk wajib hadir dan mampu membawakan ceramah. Makanya, para pimpinan OPD termasuk para kepala bagian, camat yang memiliki kemampuan dakwah agar mengaplikasikannya pada kegiatan tersebut. “Yang terpenting adalah bagaimana kita mendekatkan diri pada masyarakat dengan menyosialisasikan seluruh program Pemkab yang telah kita laksanakan dan akan diterapkan. Juga memberikan pemahaman pentingnya berzakat sekaligus menyampaikan besaran fitrah dan zakat mal,” imbuhnya.

Dikesempatan itu, mantan Ketua DPRD Konsel tersebut menginstruksikan kepala desa dan camat agar proaktif dalam kegiatan tersebut. Salah satunya memberikan pemahaman dan pengertian kepada pemilik usaha hiburan, rumah makan dan warung agar tidak buka selama puasa. “Termasuk memasang spanduk di tiap mesjid tentang ajakan beribadah,” sambung Surunuddin.

Dalam kesempatan yang sama, disampaikan, sesuai data hasil survei Tim Disperindag, sesuai harga rata-rata beras di pasaran yang biasa dikonsumsi masyarakat Konsel, maka diputuskan untuk pembayaran zakat fitrah tahun ini, untuk beras 2,5 kilogram atau 3,5 liter. JIka dikonversi dalam bentuk uang, maka warga yang mengonsumsi beras Konawe diwajibkan membayar Rp 25 ribu dan beras Super Rp 30 ribu tiap jiwa.

“Saya imbau kepada seluruh OPD lingkup Pemkab Konsel wajib membayar zakat di Kabupaten Konsel, jangan di tempat lain. Saya sendiri akan membayarkan zakat fitrah dan zakat mal penghasilan senilai 2,5 persen dari total gaji saya sebagai bupati setiap bulan,” tandas Surunuddin. (c/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top