Pariwara
Buton Utara

Pemkab Butur Gandeng IPB, Tingkatkan Produksi Mente

HADRIAN INDRA MAPA/KENDARI POS
JAMBU METE : Tim Lembaga Penelitian Institut Pertanian Bogor saat mengplikasikan metode pemupukan jambu mete di Buton Utara agar menghasilkan produksi lebih.

KENDARIPOS.CO.ID — Ribuan hektare jambu mete di Kabupaten Buton Utara (Butur) mengalami gagal panen, tahun lalu. Dinas Pertanian telah melakukan berbagai cara agar produksi tanaman unggulan di daerah itu kembali stabil. Teranyar, organisasi perangkat daerah tersebut berinisiatif menggandeng pihak Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk melakukan demplot aplikasi pemupukan secara terpadu pada tanaman jambu mete tersebut.

“Empat hektare jambu mete dijadikan sampel aplikasi pupuk terpadu di wilayah Mata, Kambowa, Kulisusu, Bonegunu dan Wakorutamba Utara,” ujar Kadis Pertanian Buton Utara, Yusuf saat ditemui di ruang kerjanya, rabu (16/5). Mantan Camat Kambowa itu mengungkapkan, sebanyak 50 pohon jambu mete dijadikan sampel atau percontohan dengan diberi perlakukan berbeda saat pemupukan dan pemangkasan.

“Jika hasilnya efektif, akan jadi percontohan bagi petani lainnya. Selama ini Dinas Pertanian tidak pernah diam, selalu menyahuti setiap persoalan yang menimpa petani. Jambu mete gagal panen kita hadirkan ahli pertanian dibidangnya untuk memberikan contoh pada petani tata cara agar produksi melimpah,” terangnya. Yusuf mengakui, usia ribuan hektare jambu mete petani di Butur sudah sangat tua. Olehnya itu, harus dilakukan pemangkasan atau pemerajaan. “Ini solusi jika sudah tak produksi. Jadi harus dilakukan penanaman ulang atau revitalisasi,” tandasnya. (c/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top