Pariwara
Metro Kendari

Mantan Terpidana di Kendari Cari Keadilan, Tak Terbukti Bersalah Tapi Dipenjara 2 Tahun

Suasana pertemuan Faisal mantan terpidana di kantor Kemenkum dan HAM Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Dua tahun mendekam dibalik penjara, Faisal kini mencari keadilan hukum. Rabu (16/5/2018), Faisal bersama keluarganya mendatangi Kanwil Kemenkumham Sultra karena merasa sebagai korban hak asasi manusia. Langkah itu dilakukan setelah upaya hukum luar biasa peninjauan kembali (PK) yang diajukannya keluar. Faisal menuturkan ditahan selama dua tahun tanpa adanya putusan pengadilan yang jelas dalam perkara penipuan. Faisal didakwa jaksa bersama rekannya, Roni Purwanto dan Sugianto. Dalam dakwaan jaksa, hanya dua rekan Faisal yang terbukti. Meski tak terbukti bersalah, namun jaksa tetap menahan Faisal.

Kini setelah PK-nya keluar, Faisal meminta Kemenkumham Sultra untuk membedah nasib yang dialaminya selama dua tahun dalam penjara tanpa perbuatan salah. Faisal meminta harkat dan martabatnya dikembalikan dengan cara mengeluarkan surat dan disebarkan di media cetak dan elektronik. “Saya menjalani hukuman tanpa kesalahan. Ini tidak manusiawi,” kata Faisal saat rakor penyelesaian kasus pengaduan masyarakat di Kantor Kemenkumham Sultra, Rabu (16/5).

Faisal meminta Kemenkumham Sultra untuk memfasilitasi untuk bertemu penegak hukum dan meminta bertanggungjawab atas nasib yang dialaminya. Dia meminta ganti rugi material dan inmaterial selama ditetapkan sebagai tersangka, ditangkap, diborgol ditahan, didakwa dan diadili. “Mulai dari penyidik Polri, Kejaksaan dan Pengadilan,” ungkap Faisal. Kepala Bidang Pelayanan Hukum Terpadu Kemenkumham Sultra, Sunyoto mengatakan pihaknya masih akan menelaah aduan Faisal. Namun merujuk telaah awal, Sunyoto meminta Faisal untuk mengajukan upaya PK kembali. Pasalnya, PK yang keluar sebelumnya tanpa adanya putusan pengadilan tingkat pertama. “Selain itu, kami sarankan membuat rekomendasi kepada Komnas HAM agar kasus ini jelas,” ujar Sunyoto. (ade/c)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top