Space Iklan
Pariwara
Bau-bau

Kominfo Baubau Terima Aduan Grup Penyebar Hoax

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Penyebaran berita hoax sudah merajai dunia maya saat ini. Berbagai postingan melalui media sosial (Medsos) tentang sebuah persoalan menyebar cepat dan langsung menyasar seluruh penggunanya. Padahal, kebenaran dari informasi yang disajikan belum tentu dapat dipertanggungjawabkan. Makanya, sebagai instansi teknis, Dinas Komunikasi dan Informatikan (Kominfo) Kota Baubau berupaya menekan penyebaran hoax. Baik melalui edukasi secara langsung ke masyarakat dan sekolah-sekolah maupun imbauan melalui brosur. Hal itu dilakukan, karena penyebaran berita bohong hingga berbau provokasi di Kota Baubau mulai terjadi.

“Hoax ini sangat berbahaya. Karena dapat mengaburkan persoalan sesungguhnya. Kita harus memiliki persamaan presepsi untuk melawanya. Karena penyebarannya di Baubau juga sudah cukup memprihatinkan. Kalau diibaratkan, hoax di Baubau seperti penyakit yang sudah masuk stadium dua,” kata Kepala Dinas Kominfo Kota Baubau, Idrus Taufiq Saidi saat ditemui, rabu (16/5).

Pernyataan Kadis yang akrab dengan sapaan Feky itu, bukan tanpa alasan. Selain berdasarkan pantauan yang dilakukan pihaknya, fenomena penyebaran hoax di Baubau juga didukung sejumlah laporan masyarakat tentang sebuah grup facebook. “Sudah ada beberapa masyarakat mengadukan tentang grup facebook yang diduga menyebar kebencian dan provokasi ke Kominfo. Hanya saja, apa nama grup facebook itu, saya belum bisa sebutkan,” ucapnya.

Ia berharap, seluruh masyarakat bijak menggunakan Medsos. Sebab, Medsos akan mendatangkan manfaat jika dimanfaatkan dengan baik. “Analisa, kaji, cari sumber datanya serta saring sebelum dishare. Untuk memastikan apakah informasi itu benar dan memberi manfaat. Jangan asal posting. Agar kita terhindar dari perkara hoax. Apalagi ditahun politik ini,” tandasnya. (c/ahi)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top