Pariwara
Metro Kendari

Delapan Daerah di Sultra Belum Dijatah Gas Elpiji

KENDARIPOS.CO.ID — Ada delapan kabupaten di Sultra yang belum mengkonversi minyak tanah ke tabung elpiji 3 kilogram. Delapan daerah itu yakni Kabupaten Muna, Buton Selatan, Buton Tengah dan Muna Barat. Termasuk Buton Utara, Buton, Wakatobi, dan Kota Baubau. Fenomena itu diduga menjadi salah satu penyebab kelangkaan elpiji.

Kasi Pengusahaan Energi Baru Terbarukan (EBT) Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sultra, Hermiaty membenarkan hal itu. Kata dia, selama ini terjadi peningkatan jumlah pengguna tabung melon itu. Mereka adalah masyarakat dari daerah yang belum memiliki jatah gas. “Karena mereka belum mengkonversi gas itu makanya tidak ada jatah tambahan dari pusat. Sehingga jatah untuk daerah lain terbagi kepada mereka melalui pedagang eceran,” ujar Hermiaty, Rabu (16/5/2018).

Masyarakat di delapan daerah dimaksud kata dia sudah menggunakan gas elpiji. “Di Muna Barat, Wakatobi apalagi Baubau, semuanya kita temukan gas elpiji di sana. Padahal di sana masih ada jatah minyak tanahnya,” tambah Hermiaty. Olehnya itu pihaknya kembali mengusulkan agar delapan kabupaten di Sultra yang belum terkonversi elpiji 3 kilogram itu bisa disetujui oleh Dirjen Migas Kementerian ESDM RI. “Kita sudah berkali-kali usulkan tapi belum ada tanggapan. Kita coba lagi tahun ini,” pungkasnya. (ely/b)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top