Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Berkah Ramadan, Bisnis Ritel Berpotensi Tumbuh 300 Persen

KENDARIPOS.CO.ID — Menyambut bulan suci Ramadhan, pengusaha ritel memanfaatkan momen tersebut untuk menggenjot pertumbuhan pendapatan. Permintaan makanan dan pakaian biasanya akan melonjak atau lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan biasa.

Wakil ketua umum Asosiasi Pengusaha Ritel (Aprindo) Tutum Rahanta memperkirakan, saat puasa dan lebaran, bisnis makanan akan tumbuh minimal sebesar 50 persen dibandingkan bulan normal. Sementara untuk bisnis pakaian akan tumbuh sebesar 200 hingga 300 persen.

“Kalau di puasa lebaran secara otomotif akan tumbuh dibandingkan bulan-bulan normal. Karena kan permintaan pasti banyak kan orang mau beli makanan beli baju,” ujarnya saat dihubungi Jawapos.com di Jakarta, Rabu (16/5).

Tutum menyebut, adanya persaingan bisnis online atau e-commerce tidak serta kereta menurunkan pendapatan bisnis ritel secara signifikan. Sebab, pasar bisnis ritel offline di Indonesia masih besar.

“Berpengaruh pasti ada. Tapi kalau secara signifikan tentu enggak terlalu besar. Karena untuk barang baju ngga semua orang cocok tanpa dicoba. Itu secara psikologis ya,” tuturnya.

Tutup melanjutkan, di samping itu, saat ini perusahaan ritel juga telah merambah startegi bisnisnya ke digital atau e-commerce. Sehingga, masyarakat yang sudah nyaman dengan brand-brand tertentu pasti akan dipermudah dengan media online tersebut. “Online cuma medianya saja. Ngga perlu perusahaan besar tapi ritel biasa bisa juga jual di online. Tetep aja belinya di perusahaan,” tandasnya.

Sementara, Tutum menambahkan, untuk target pertimbuhan ritel hingga akhir tahun ini, pihaknya membidik pertumbuhan sebesar 10 persen. Pihaknya masih optimis bisnis ritel di Indonesia masih dapat menunjukkan performa yang positif dengan berbagai startegi dan gimmick yang ditawarkan perusahaan ritel. (JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top