Pariwara
Buton

Banyak Usaha di Buton Belum Kantongi Izin Lingkungan

Edy Sunarno

KENDARIPOS.CO.ID — Sejumlah kegiatan perusahaan, pasar dan kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Buton, disebutkan belum memiliki dokumen lingkungan. Padahal menurut pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Buton, kegiatan tersebut harus memiliki izin. Kepala DLH Buton, Edy Sunarno, menegaskan, semua kegiatan perusahaan dan OPD wajib memiliki dokumen yang diatur dalam ketentuan undang-undang nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Hal ini ditindaklanjuti dengan surat edaran Bupati Buton nomor 660/276 tentang kewajiban memiliki dokumen atau izin lingkungan hidup. “Surat edaran ini muncul karena berdasarkan hasil evaluasi DLH triwulan satu tahun 2018, masih ditemukan usaha atau kegiatan yang dilakukan tak sesuai dengan ketentuan berlaku,” ujarnya, rabu (16/5).

Edy Sunarno mengungkapkan, usaha perorangan paling banyak belum memiliki izin lingkungan. Dari banyaknya pelaku usaha perorangan yang tersebar di Buton, baru sekitar 10 pelaku usaha yang mengantongi izin. Pihaknya terus melakukan upaya agar para pengusaha tersebut mengurus legalitas izin lingkungan. “Untuk di Buton, memang didominasi pelaku usaha kecil perorangan. Sedangkan untuk OPD yang melakukan kegiatan namun belum memiliki dokumen izin, kami telah menyurati. Diberikan waktu hingga paling lambat akhir Desember 2018 sudah harus menyelesaikannya,” tegasnya.

Ia mengaku, sudah ada beberapa pihak yang datang berkonsultasi ke DLH untuk mendapat bimbingan terkait pengurusan dokumen lingkungan. “Jika diabaikan, maka kami (DLH) akan bekerja sama dengan aparat penegak hukum untuk menindaknya secara hukum sesuai aturan undang-undang,” ancam Edy Sunarno.

Sekadar diketahui, pada undang-undang nomor 32 tahun 2009 pasal 109 ayat 1 menyatakan, setiap orang yang melakukan usaha atau kegiatan dengan tidak mengantongi izin lingkungan dapat dikenakan pidana penjara paling singkat satu tahun dan maksimal 3 tahun, serta denda hingga Rp 3 miliar. (c/mel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top