Pariwara
Muna

Rusman Tetap Mau Kelola Bandara Sugimanuru

LM Rusman Emba

KENDARIPOS.CO.ID — Polemik penyerahan aset dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna ke otorita pemekaran Muna Barat (Mubar), hingga kini belum juga tuntas. Dua daerah ini masih bertahan dengan pendapat masing-masing. Pemkab Muna merasa penyerahan aset harus dilakukan secara bertahap, sedangkan Muna Barat mengklaim bahwa urusan aset wajib diserahkan sekaligus.

Total aset yang masih disengketakan itu mencapai Rp 211 miliar, diantaranya berupa kendaraan dinas, aset bandar udara (Bandara) dan Pulau Indo. Pemkab Muna sendiri tak berkeberatan menyerahkan aset selain Bandara Sugimanuru. Bahkan, tahun ini otorita Rusman Emba sudah berencana melimpahkan aset senilai Rp 197 miliar. Hanya saja, rencana itu ditolak Pemkab Muna Barat.

Bupati Muna, LM Rusman Emba, mengakui, penyerahan aset masih menyisakan masalah. Penyebabnya adalah komunikasi tak lancar antara kedua belah pihak. “Hanya perbedaan sudut pandang sebenarnya,” sebut Rusman Emba. Mantan senator DPD RI itu menegaskan, khusus aset Bandara, tidak perlu dimiliki Muna Barat, kendati berada di wilayah adiministrasinya. Rusman bahkan menyinggung soal siapa yang paling “berkeringat” dalam upaya membuka akses ke Bandara, termasuk saat ini sudah ada maskapai Garuda Indonesia maupun Wings Air yang membuka rute.

“Bandara itu perjuangan kita bersama. Siapa yang paling berkeringat, semua orang tahu. Bagaimana kita dulu berusaha agar Wings dan Garuda masuk. Sekarang ada baiknya Bandara jangan dilepas, biar tetap di Muna nanti dikelola bersama pihak Kemenhub,” wacana Rusman. Ia bahkan sudah meminta pihak BPKP Sultra untuk membantu memediasi pelimpahan aset. Ia berharap agar masalah ini segera terselesaikan dengan cepat. “Semua pihak baiknya proaktif supaya cepat selesai,” imbuhnya. (b/ode)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top