Pariwara
Konawe Selatan

Peran TP4D dan APIP Pemkab Konsel Disosialisasikan

KENDARIPOS.CO.ID — Sosialisasi dan koordinasi program Tim Pengawal, Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) serta peran Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel), Selasa (15/5). Kegiatan tersebut dibuka langsung Bupati, H. Surunuddin Dangga. “Untuk mewujudkan visi Konsel tahun 2016-2021, kita berkomitmen tinggi mewujudkan pemerintahan yang berwibawa, transparan dan bertanggung jawab dengan menerapkan prinsip-prinsip anti kolusi, korupsi dan nepotisme. Untuk itu pula, komitmen tersebut kami jadikan misi pertama dalam mewujudkan visi pembangunan di daerah,” tegas Surunuddin Dangga didampingi Sekretaris Kabupaten (Sekab), H. Sjarif Sajang dan Kepala Inspektorat, Mujahidin.

Makanya, Surunuddin memberikan apresiasi dan dukungan sepenuhnya keberadaan TP4D di Konsel. Pasalnya keberadaan dan eksistensinya sesuai keputusan Jaksa Agung yang merupakan tindak lanjut instruksi Presiden nomor 7 tahun 2015 tentang aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi. “Sehingga melalui sosialisasi TP4D yang kita laksanakan hari ini dengan melibatkan langsung kejaksaan. Diharapkan, ini dapat memberikan masukan positif serta saran konstruktif sehingga dalam pelaksanaan kegiatan tak ada lagi keraguan dan kekhawatiran demi mendorong percepatan pelaksanaan pembangunan serta penyerapan anggaran di Konsel,” jelasnya.

Surunuddin juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya pada TP4D dan peran APIP dalam upaya meminimalisir serta mendeteksi dini segala penyimpangan yang akan terjadi dengan terus melakukan pendampingan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan setiap kegiatan. “Melalui kesempatan ini pula, karena sesuai undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang pemerintahan desa yang mempunyai kewenangan besar dalam mengelola keuangan dan pembangunan desa, saya mengingatkan dan mengajak kepala desa agar berhati-hati dalam memanfaatkan anggaran. Harapan kita tentu setiap satu rupiah dana tersebut benar-benar bisa dimanfaatkan untuk kemajuan serta kemakmuran masyarakat di Konsel. Apalagi aturan saat ini, penggunaan dana desa dalam pembangunan 30 persen upah kerja diprioritaskan untuk masyarakat desa setempat,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Konsel, Mujahidin, menyampaikan, pelaksanaan kegiatan adalah sesuai penjabaran APBD tahun anggaran 2018, sekaligus program kerja pengawasan tahunan. “Disisi lain, kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk memaksimalkan peran pengawasan di daerah melalui pengawalan dan pengamanan baik dalam perencanaan, pelaksanaan, maupun pemanfaatan hasil pembangunan. Sekaligus, upaya mencegah timbulnya penyimpangan dan kerugian daerah dengan memberi pengetahuan serta pemahaman tentang peran, fungsi TP4D juga peran APIP,” tandasnya. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top