Pariwara
Politik

Pendaftar Bacaleg PAN Melebihi Kuota

Bahar

KENDARIPOS.CO.ID — Aura Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai parpol pemenang Pemilu 2014 di Sultra masih menjadi daya tarik. Tak heran, cukup banyak politisi maupun tokoh yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) Pilcaleg 2019. Hingga kini, calon yang terdaftar menjadi Bacaleg DPRD Sultra telah melebihi kuota.

Kepala Sekretariat Komite Pemenangan Pemilu Wilayah (KPPW) PAN Sultra, Bahar mengatakan animo masyarakat mendaftar sebagai Bacaleg PAN cukup besar. Posisi Bacaleg untuk enam daerah pemilihan (Dapil) DPRD Sultra, semuanya telah melebihi kuota. Padahal jumlah kuota yang disiapkan hanya 45 kursi.

“Pendaftaran Caleg provinsi masih dibuka. Hanya saja, semua Dapil sudah terisi bahkan melebihi kuota di masing-masing 6 Dapil di Sultra ini. Ini artinya, kepercayaan masyarakat Sultra terhadap PAN masih tinggi,” katanya selasa (15/5).

Penjaringan Baceleg PAN tidak hanya terbuka untuk kader, masyarakat umum bisa mendaftar. Namun siapa yang akan ditetapkan sebagai Caleg, tetap harus melalui tahap seleksi. Sesuai rencana, proses seleksinya baru akan dilakukan setelah pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018 ini berakhir. “Semua masyarakat rupanya ingin ada dan hadir bersama-sama PAN. Namun kuotanya terbatas. Makanya, mereka harus ikut seleksi,” tambahnya.

Dalam seleksi nanti lanjutnya, akan ketahuan kompetensi para Bacaleg. Siapa yang paling memenuhi syarat secara kapasitas maupun kapabilitas akan terpilih. Namun elektabilitas dan loyalitas terhadao partai juga harus tinggi. “Jadi untuk bisa diusung, harus komplit baik kompetensi, loyalitas dan elektabilitas,” tandasnya. (c/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top