Pariwara
Politik

KPUD Konawe Butuh 3059 KPPS dan 874 Linmas

Petugas yang Disiapkan KPUD Konawe di Hari Pencoblosan

KENDARIPOS.CO.ID — Menghadapi Pilkada serentak, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe membutuhkan sebanyak 3.059 orang anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Nantinya, mereka akan ditugaskan di 437 tempat pemungutan suara (TPS). Selain KPPS, lembaga penyelenggara Pemilu ini juga akan merekrut 874 tenaga Linmas untuk menjaga keamanan dan kelancaran pesta demokrasi lima tahunan ini.

Komisioner KPUD Konawe, Ulil Amrin mengatakan seluruh berkas calon KPPS telah diterima oleh panitia pemungutan suara (PPS). Saat ini, sudah masuk tahapan seleksi wawancara. Berdasarkan laporan, progresnya sudah mencapai 70 persen.

“Dengan tambahan KPPS, maka jumlah penyelenggara pada hari pemungutan suara sebanyak 4161 orang. Terdiri dari PPK di 23 kecamatan sebanyak 115 orang, anggota PPS 987 orang dan anggota KPPS 3.059. Jumlah ini diluar 874 anggota Linmas yang membantu mengamankan TPS,” ujar koordinator Devisi Sosialisasi dan Administrasi KPUD Konawe selasa (15/5).

Setelah mengikut proses seleksi, seluruh KPPS dan Linmas akan dikukuhkan pada 3 Juni 2018 mendatang. Surat Keputusan (SK) penugasan mereka akan ditandatangani PPS atas nama KPU. “Kalau sudah rampung, mereka akan mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) dari KPU terkait tugas dan tanggungjawab mereka saat hari pemungutan suara,” ungkapnya.

Ulil Amrin kembali mengingatkan syarat utama menjadi KPPS. Diantaranya, tidak boleh terlibat atau menjadi simpatisan partai politik dan pasangan calon (Paslon), belum menjabat selama dua periode sebagai KPPS. “Banyak syarat lain, tapi dua ini yang paling penting, karena bisa menyebabkan kegaduhan kalau ada simpatisan yang menjadi penyelenggara,” pungkasnya.(b/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top