Pariwara
Metro Kendari

Kebutuhan Pokok Naik 20 Persen Jelang Puasa, Pemkot Kendari Bakal Gelar Pasar Murah

Harga Cabai Kian Pedas: Wagini, pedagang pada salah satu pasar di Kota Kendari, saat menjajakan jualannya di Pasar Korem Kendari. Foto: Dokumentasi/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Ketahanan Pangan Kota Kendari memantau harga pasar jelang puasa. Sejumlah harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan. Lonjakan harga tertinggi terjadi pada komoditas cabai merah besar dan kriting, bawang merah, bawang putih, kentang dan daging ayam.Cabai merah besar saat ini rata-rata Rp 54 ribu per kilogram. Sebelumnya hanya Rp 40 ribu. Sedangkan cabai keriting sebesar Rp 44 ribu, sebelumnya berkisar Rp 35 ribuan. Kentang dijual seharga Rp 22 ribu per kilogram. Adapun bawang putih dibanderol Rp 40 ribu-Rp 45 ribu, sebelumnya seharga Rp 25 ribu-Rp 27 ribu per kilogram, dan bawang merah seharga Rp 44 ribu, sebelumnya Rp 25 ribu-Rp 30 ribu.

“Kami lihat semua bahan-bahan itu mengalami kenaikan 20 persen. Ini lebih tinggi dari tahun 2017 yang berada di bawah 15 persen,” jelas Nismawati, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Kendari usai rapat koordinasi pemantauan harga Tim Pengendali Inflansi Daerah (TPID) Kota Kendari diaula Bertakwa, Selasa (15/5/2018).

Lonjakan harga pada cabai karena daya simpan komoditas tersebut cukup singkat, masyarakat pun tidak bisa membeli dalam jumlah banyak sekaligus. Sedangkan harga bawang merah, bawang putih dan kentang naik akibat tingginya permintaan namun stok terbatas. “Karena pasokan kita disuplai dari luar daerah. Adapun harga beras cenderung turun karena belum lama ini ada panen raya jadi stok melimpah,” ungkap Nismawati.

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Kendari, Syam Alam mengatakan untuk mengendalikan lonjakan harga komoditas itu, pihaknya akan menggelar operasi pasar murah keliling di setiap kecamatan. “Sehingga masyarakat bisa membeli kebutuhan jelang bulan suci Ramadan dengan harga relatif terjangkau,” ujarnya. (ely/p1/b)

Harga Sejumlah Bahan Pokok

– Cabai merah, Rp 40 ribu naik menjadi Rp 54 ribu/kilogram
– Cabai keriting, Rp 35 ribuan, naik sekira Rp 44 ribu/kilogram
– Kentang dijual seharga Rp 22 ribu per kilogram
– Bawang putih Rp 25 ribu-Rp 27 ribu naik menjadi Rp 40 ribu-Rp 45 ribu/kilogram
– Bawang merah seharga Rp 44 ribu, sebelumnya Rp 25 ribu-Rp 30 ribu.
– Harga naik sekira 20 persen

Sumber : Dinas Ketahanan Pangan Kota Kendari

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top