Pariwara
Kolaka Utara

DLH Kolut Kontrol Pasokan Sampah di TPA Totallang

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
BOBOT SAMPAH : TPA Totallang sudah memanfaatkan jembatan timbang sebagai model pengelolaan controlled landfill sampah di zona itu.

KENDARIPOS.CO.ID — Tahun ini, tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Desa Totallang, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), sudah memanfaatkan jembatan timbang sebagai model pengelolaan controlled landfill di zona itu. Artinya, petugas khususnya pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sudah bisa dengan mudah mengetahui banyaknya volume sampah di kolam pembuangan.

Sekertaris DLH Kolut, Muh. Asdar, mengungkapkan, jembatan timbang tersebut baru difungsikan tahun ini dengan alokasi Rp 1,5 miliar anggaran pendapatan belanja negara (APBN). “Dana itu mencakup fasilitasnya termasuk komputer, sistem elektrik, sumur bor, instalasi hingga sedikit tambahan renovasi bak pembuangan yang bocor termasuk drainasenya,” ujar Asdar, Selasa (15/5).

Selama ini, pihaknya menghitung volume sampah dengan sistem tiap truk, karena belum adanya jembatan ukur. Sampah yang datang setiap hari diratakan dan dipadatkan dengan alat berat menjadi sebuah sel. Secara berkala, sampah yang sudah dipadatkan akan ditutup dengan lapisan tanah setebal 10 sentimeter dalam tiga hari atau sepekan. Kendaraan itu sudah dimiliki sejak 2015 lalu dari anggaran kementerian masing-masing satu unit Buldozer senilai Rp 2,8 miliar dan excavator Rp 1,6 miliar.

“Ada beberapa bantuan dari pemerintah pusat diterima dari 2012 sampai 2017 termasuk satu kendaraan pengangkut mobilisasi alat berat seharga Rp 74.500.000,” bebernya. Soal tumpukan sampah sebelum jembatan hadir, hasil produksi limbah rumah tangga masyarakat Kolut khususnya wilayah ibu kota kabupaten diangkut oleh enam unit armada. Di hari normal terkadang hanya tiga armada yang melakukan pembongkaran dengan volume 12 kubik atau berkisar 24 kubik jika pada saat tertentu. “Sampah banyak, jika ada agenda kegiatan besar atau di awal pekan. Kami semakin optimis pertahankan Adipura,” pungkasnya. (c/rus)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top