Pariwara
Konawe Utara

Dispora Konut Fokus Kembangkan Pemuda Wirausaha

H. Fajar Meronda

KENDARIPOS.CO.ID — Tak hanya fokus merencanakan pembangunan sarana dan prasarana olahraga, pihak Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Konawe Utara (Konut) juga konsen penumbuhan jiwa wirausaha para pemuda daerah. “Dispora itu fokusnya tak hanya olahraga. Tapi ada pemuda yang harus dibina. Salah satunya adalah menumbuhkembangkan pemuda berjiwa wirausaha. Konsen kita di situ, dikewirausahaan,”ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, H. Fajar Meronda, Selasa (15/5).

Keberadaan generasi muda wirausaha, kata mantan Sekretaris Bappeda Konut itu dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian, khususnya di kalangan generasi muda. Makanya, Dispora telah membagi tiga klaster pemuda wirausaha dari 13 kecamatan yang ada di Konut. Pembagian pemuda wirausaha dilakukan dengan melihat potensi yang dimiliki masing-masing kecamatan.

“Kita sudah petakan pemuda wirausaha dengan membagi tiga klaster. Seperti Kecamatan Asera, Oheo, Landawe, Wiwirano dan Langgikima kita berupaya tumbuhkan pemuda wirausaha dibidang pertanian dan perkebunan,” jelas Fajar Meronda. Sedangkan wilayah Andowia, Lasolo dan Molawe, Dispora memfokuskan pada pemuda wirausaha pada sektor barang dan jasa serta perikanan. Begitupun dengan daerah Wawolesea, Lasolo Kepulauan, Lembo dan Motui, darahkan pada bidang pariwisata.

“Tentunya kita akan merekrut pemuda wirausaha dalam klaster-klaster yang sudah dibagi. Pemuda ini nantinya akan menjadi penggerak bagi lainnya untuk berwirausaha,” sambungnya. Dukungan dana untuk menumbuhkembangkan pemuda wirausaha akan dianggarkan agar dapat merealisasikan konsep tersebut. “Gagasan pemuda wirausaha mulai kita kembangkan pada APBD Perubahan nanti,” tandas Fajar Meronda. (c/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top