Pariwara
Politik

Curi Star, APK Caleg Diturunkan

Alat Peraga : Alat peraga kampanye berupa baliho pasangan calon gubernur yang dipasangan di zona kampanye yang berlokasi di jalan Ir H. Alala, By Pass, Kendari. FOTO: LM. SYUHADA RIDZKY/KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Sejumlah alat peraga kampanye (APK) yang terpampang dititik ruas jalan trans Sulawesi miliki calon anggota legislatif (Caleg) Konut maupun provinsi terpaksa diturunkan oleh Satpol PP dan Panwas Konut. Penurunan APK caleg dianggap belum waktunya melakukan sosialisasi atau curi star kampanye.

“Penurunan APK Caleg merupakan tindaklanjut surat edaran Bawaslu RI tentang pengawasan Pemilu. Yang menurunkan adalah Satpol PP yang dibackup kepolisian sebagai tindaklanjut hasil rapat koordinasi antara Panwas, Satpol PP, partai politik dan kepolisian. Termasuk KPUD setempat,” ujar Abdul Makmur, Ketua Panwas Konut, Selasa (15/5).

Dari rapat koordinasi pada tanggal 7 Mei 2018, Panwaslu telah menyampaikan ada surat edaran Bawaslu tentang pelarangan melakukan aktivitas kampanye sebelum massa kampanye dilakukan baik Pileg maupun Pilpres.

“Dalam surat edaran Bawaslu menegaskan bila ada kegiatan kampanye dilakukan sebelum jadwal massa kampanye. Maka dikategorikan dugaan pelanggaran kampanye diluar jadwal. Sebab, massa kampanye Pileg baru dilakukan nanti tanggal 23 September 2018,”ujarnya.

Nah, dalam rapat koordinasi yang dilakukan sebelumnya. Parpol menyahuti akan menurunkan APK nya secara sukarela dengan waktu yang diminta oleh parpol selama tiga hari yang dimulai tanggal 8-10 Mei 2018. Sayangnya, dari waktu yang telah disepakati ternyata masih banyak Parpol yang belum menurunkan APK-nya.

“Dari batas waktu yang diminta, ternyata hanya beberapa saja Parpol yang menurunkan APK-nya. Sebagian besar parpol tidak diindahkan. Makanya pada tanggal 12 Mei sampai sekarang APK caleg maupun parpol Pilpres diturunkan oleh Satpol bersama dengan Panwas,”urainya.

Keberadaan Panwas dalam penurunan APK untuk memilah baliho mana saja yang akan diturunkan. Sebab baliho Pilgub Sultra jangan sampai Satpol PP salah menurunkan baliho. Hal itu dkarenakan baliho Pilgub Sultra telah masuk pada massa kampanye.

“Semua baliho yang menunjukan kepesertaan Pemilu Pilpres maupun Pilcaleg harus diturunkan. Kalau tidak sanksi akan diberikan. Tentunya kita akan klarifikasi terlebih dahulu,”tutup Abdul Makmur. (b/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top