Pariwara
Konawe

Anggaran tak Cair, Program Kerja Perpusda Konawe Terhenti

Ameruddin

KENDARIPOS.CO.ID — Tak ada kegiatan dan program kerja yang bisa dilakukan pihak Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusda) Konawe, tahun ini. Anggaran rutin dari pemerintah kabupaten (Pemkab) untuk mendukung berbagai rencana kerja tak juga dicairkan pihak pengelola keuangan daerah. Sejak awal bulan, mereka hanya melayani kunjungan pelajar dan masyarakat yang datang membaca buku.

Kepala Dinas Perpusda Konawe, Ameruddin, mengungkapkan, pihaknya sudah pernah bertanya terkait anggaran yang tak kunjung cair, namun pengelola keuangan hanya menjawab tidak ada uang. “Saya sudah malas bertanya terus, karena jawabannya sama saja. Jadi, kita tidak bisa berbuat apa-apa, hanya sabar dan menunggu sampai ada anggaran,” keluhnya, Selasa (15/5).

Menurut Ameruddin, seharusnya Perpusda telah melaksanakan lomba membaca cerita dan perpustakaan desa, Maret lalu, sebab itu merupakan kompetisi nasional yang dimulai dari seleksi kabupaten, provinsi dan nasional. “Tahun ini Konawe kemungkinan tidak punya perwakilan ke provinsi, karena kita tidak bisa melaksanakan lomba itu,” bebernya.

Tahun ini adalah kali pertama, kedua lomba itu tak terlaksana karena belum ada pencairan anggaran. Selain itu, program lain seperti pengadaan buku dan perpustakaan keliling juga harus mandek. “Kita mau adakan buku, tapi belum ada uang. Lalu mobil perpustakaan keliling itu butuh bahan bakar, tapi tidak ada sama sekali diberikan. Selama tidak ada anggaran, program kami lumpuh, dan setiap hari hanya duduk melayani orang yang datang membaca,” pungkas mantan Kabaghumas Setkab Konawe tersebut. (c/hel)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top