Pariwara
Politik

Wabup Konsel Ajak Masyarakat Sukseskan Pilgub

PENDIDIKAN POLITIK : Wabup Konsel, H Arsalim Arifin saat memberi pengawahan pada peserta sosialisasi pendidikan politik ang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Konsel, Senin (14/5).

KENDARIPOS.CO.ID — Kontestasi pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra tinggal sebulan lagi. Sebagai pemegang hak suara, wakil bupati (Wabup) Konawe Selatan (Konsel), H Arsalim Arifin mengajak masyarakat bisa menyalurkan hak pilihnya secara cerdas dan rasional. Sebab Pilgub maupun Pemilu merupakan perwujudan kedaulatan rakyat dalam melahirkan pemerintahan secara demokratis. “Masyarakat tidak boleh golput. Sebab hasil Pilgub maupun Pemilu akan menentukan nasib kita selama lima tahun ke depan. Pertimbangkan secara rasional siapa calon yang paling memenuhi kriteria. Jangan mudah diiming-imingi dan jadilan pemilih cerdas,” katanya saat memberi sambutan pada kegiatan sosialisasi pendidikan politik yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Konsel, Senin (14/5).

Partisipasi pemilih kata dia, menjadi salah satu indikator kesuksesan Pemilu. Semakin banyak masyarakat yang memilih, secara otomatis pemerintah yang dibentuk bisa legitimate. Untuk itulah, diperlukan upaya dari seluruh komponen bangsa untuk menjaga kualitas Pilgub maupun Pemilu. Pemkab Konsel sesuai amanah UU nomor 7 tahun 2017 siap memberikan suport dan memfasilitasi agar pesta demokrasi lima tahunan ini berlangsung sukses. Sosialisasi ini lanjut mantan Kepala Bappeda Konsel ini, memiliki nilai strategis dan penting untuk mewujudkan pemerintahan berkualitas terutama bagi pemilih pemula. Apalagi salah satu bagian terpenting dalam suatu proses pemilu, adalah peran dan partisipasi masyarakat.

“Mengingat Pilgub Sultra sudah dekat, masyarakat diharapkan ikut berpartisipasi menyalurkan suaranya tanggal 27 Juni mendatang. Selain itu, mari kita songsong Pemilu tahun 2019 yang berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia serta jujur dan adil,” ajaknya.
Saat ini kata dia, partisipasi masyarakat di Pilkada maupun Pemilu fluktuatif bahkan cenderung menurun. Melalui kegiaran sosialisasi seperti ini, tentunya akan memberikan kontribusi positif dalam penguatan partisipasi bagi pemilih pemula dan masyarakat. “Dengan begitu, nantinya di harapkan dapat terpilih pemimpin dan wakil-wakil rakyat yang mempunyai integritas dan kualitas yang tinggi,” imbuhnya.

Wabup menghimbau para peserta bisa menjadi duta Pemilu. Dengan begitu, mereka dapat memberikan pemahaman pada keluarga dan tetangganya akan pentingnya menggunakan hak pilihnya yang menghasilkan kesadaran kolektif masyarakat. Sehingga target partisipasi pemilih di Konsel dapat ditingkatkan lagi atau diatas 80 persen (tingkat partisipasi di Konsel).

“Ke depan sosialisasi seperti ini yang diadakan di Hotel kita rubah sistemnya. Nanti kita adakan perkecamatan dengan mengundang seluruh lapisan masyarakat agar benar-benar merata informasi dan pengetahuan terkait pemilu. Sehingga tercipta pemilih cerdas yang tidak memilih karena segi materi calon pemimpin tersebut tapi benar-benar karena di lihat dari segi kualitas, kapabilitas dan integritasnya,” katanya. Kepala Badan Kesbangpol Konsel, Arman Aras mengatakan peranan pemerintah daerah dalam pelaksanaan Pilkada maupun Pemilu adalah menyediakan dana untuk kelancaran pelaksanaan tugas, wewenang, dan kewajiban penyelenggara pemilu. Tidak hanya KPUD namun juga PPK, PPS hingga Panwaslu. Untuk mendukung kerja-kerja penyelenggara, dibentuk kesekretariatan.

“Penyediaan sarana ruangan sekretariat, kelancaran transportasi pengiriman logistik, pemantauan kelancaran penyelenggaraan pemilu,” tambahnya. Sosialisasi pendidikan politik turut hadir Ketua KPU Konsel Herman, S.Sos. Sementara pesertanya berasal dari tokoh pemuda, tokoh wanita, karang taruna dan pelajar SMA/SMK se-Konsel dan tokoh masyarakat (b/Kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top