Pariwara
Bombana

PKH Bombana Belum Tepat Sasaran

Aswar

KENDARIPOS.CO.ID — Sejak tahun 2014 hingga 2018 ini, seluruh masyarakat miskin pada seluruh daerah di Indonesia mendapat bantuan melalui program keluarga harapan (PKH). Di Kabupaten Bombana, ada 7.732 keluarga penerima manfaat (KPM) yang mendapat bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI itu. Sayangnya, masih ada yang belum tepat sasaran. Karena ada KPM yang tergolong mampu, justru mendapatkan bantuan.

Hal tersebut diakui Kepala Seksi (Kasi) Jaminan Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Pemkab Bombana, Aswar. Ia menjelaskan, dari tahun 2014 hingga 2018, KPM Bombana masih mendapat bantuan. Tahun ini, total dana PKH sebesar Rp 10 miliar. “Masih ada warga mampu, menerima bantuan. Masalah ini hampir sama dengan penyaluran beras sejahtera. Kendalanya karena yang digunakan masih data lama. Bahkan PKH ini masih mengambil data Rastra juga yang dikeluarkan badan statistik tahun 2015,” akunya, senin (14/5).

Pihaknya mengaku tak bisa berbuat banyak terkait permasalahan PKH tersebut. Karena program tersebut langsung dari Kemensos yang menyalurkan dana pada masing-masing KPM melalui rekening pribadi. Pemerintah daerah hanya diberi wewenang melakukan pendataan untuk menentukan penerima bantuan. “Khusus untuk PKH ini dananya langsung dari pusat, kami hanya melalukan pendataan. Dengan wewenang ini, kami akan melakukan pembaharuan data agar bantuan tersebut dapat direalisasikan dengan baik. Sayangnya, kami juga masih terkendala anggaran dan baru upayakan pada APBD Perubahan,” jelas Aswar.

Ia memaparkan, PKH adalah program bantuan yang dikhususkan pada keluarga miskin. Indikator penilaiannya, mempunyai anak sekolah, balita, ibu hamil hingga disabilitas. Setiap orang dalam satu keluarga mendapat uang sebesar Rp 300 ribu perbulan dan diterima tiap triwulan atau lebih. “Dana ini diberikan pada mereka yang betul-betul membutuhkan. Memang ada beberapa warga yang sadar telah mampu dan masih menerima bantuan PKH, datang melapor dan itu bisa membantu kami dalam melakukan perbaikan data. Harapan kami, seluruh masyarakat bisa membantu,” tandas Aswar. (c/kmr)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top