Pariwara
Kolaka Utara

OPD Disebar Buka Puasa Bersama Warga Kolut

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
PERSIAPAN RAMADAN : Wabup Kolut, H. Abbas (kedua dari kiri) memimpin rapat persiapan Pemkab menyambut bulan suci ramadan, senin (14/5)

KENDARIPOS.CO.ID — Persiapan menyambut bulan suci ramadan dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) dengan menggelar rapat bersama. Salah satu yang menjadi agenda utama, seluruh pejabat dan aparatur organisasi perangkat daerah (OPD) disebar pada 127 desa untuk buka puasa bersama masyarakat. Rapat yang dipimpin Wakil Bupati (Wabup), H. Abbas, Senin (14/5), juga dihadiri pihak Kementerian Agama (Kemenag) Kolut. Di hadapan jajaran OPD, Abbas menyatakan, agenda buka puasa terpusat di Masjid Agung seperti sebelumnya, diubah.

“Bupati (H. Nur Rahman Umar) usulkan agar lebih menyentuh ke masyarakat bawah, maka setiap OPD ambil bagian pada satu sampai tiga desa buka puasa bersama di masyarakat,” jelasnya, senin (14/5). Program tahunan buka puasa bersama selama ini dianggap belum menyentuh. Lagi pula, kerap kali usai berbuka masih banyak sisa makanan yang tak dihabiskan dan dianggap mubazir.

“Jika puasa ditetapkan tanggal 17 Mei, maka sehari sebelumnya sudah bisa dilakukan qirab,” kata Kolut-2 tersebut. Qirab dimaksud serupa pawai yang melibatkan seluruh kalangan. Pemkab mengagendakan long march dari Masjid Agung mengitari jalan lingkar ibu kota. Usai itu masih ada agenda lanjutan berupa tauziah dan lainnya sebelum memasuki hari pelaksanaan puasa.

Menyangkut penyaluran zakat yang biasanya dipusatkan di kecamatan-kecamatan, tetap diagendakan. Hanya saja mekanismenya belum dibicarakan khusus apakah diikutkan dalam rangkaian buka puasa bersama atau terpisah dalam bulan yang sama. “Karena OPD hanya 50-an dan jumlah desa 127, maka masing-masing instansi memungkinkan mengambil jatah hingga tiga desa termasuk bupati maupun wakil,” pungkasnya. (c/rus)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top