Pariwara
Konawe

Musim Pancaroba, Puskesmas di Konawe Siaga

Muh. Aris

KENDARIPOS.CO.ID — Kondisi cuaca yang tak menentu, bahkan hujan berkepanjangan saat ini, patut diwaspadai masyarakat. Tindakan antisipasi telah dilakukan pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Konawe dengan menginstruksikan seluruh Puskesmas dalam status siaga akan munculnya kasus demam berdarah dengue (DBD). Sebab iklim saat ini berpotensi menyebabkan banyak warga rentan terserang penyakit, utamanya penduduk ekonomi rendah yang tinggal di lingkungan lembap atau tergenang.

Kepala Dinkes Konawe, Muh. Aris mengungkapkan, dalam kondisi normalpun semua Puskesmas selalu siap, apalagi melihat cuaca yang tak bersahabat. Makanya, ia akan lebih menyiagakan seluruh tenaga medis. “Cuaca panas atau hujan sama saja, kita tetap siaga. Tapi, sekarang lebih diwaspadai karena keadaan cuaca menjadi faktor utama menurunnya daya tahan tubuh, sehingga masyarakat mudah terserang berbagai penyakit,” terangnya, Senin (14/5).

Menurutnya, karena letak geografis Konawe yang diapit sungai besar, maka setiap musim penghujan harus diwaspadai. Apalagi jika sampai terjadi genangan di lingkungan masyarakat, bisa menjadi sarang nyamuk, atau penyakit lain. “Biasanya kalau hujan terus, volume air sungai meningkat dan menyebabkan banjir kecil atau genangan. Nah, itu jangan dianggap remeh,” jelasnya.

Ia juga mengimbau seluruh warga untuk tetap memerhatikan kebersihan lingkungannya, agar tidak menjadi sarang pembawa wabah penyakit. “Halaman rumah, tempat penyimpanan air dan utamanya saluran drainase harus dibersihkan, supaya nyamuk DBD tidak bisa berkembang biak di sekitar rumah,” tandasnya. (b/hel)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/kendaripos/public_html/wp-includes/functions.php on line 3729