Pariwara
Kesehatan

Makanan dan Minuman Untuk Menyehatkan Jantung

Ilustrasi. Foto:Yahoo Health

KENDARIPOS.CO.ID — Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di dunia, baik bagi pria maupun wanita. Penyebabnya juga berbagai macam, mulai dari obesitas, kurang berolahraga, kolesterol tinggi dan masih banyak lagi. 

Untungnya, penyakit yang satu ini bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung, beberapa jenis makanan dan minuman yang diklaim dapat menurunkan resiko penyakit jantung secara signifikan. 

Apa saja makanan yang mendukung jantung sehat Anda, berikut seperti diambil dari MensHealth.com:

1. Sarden

Meski sebagian orang tidak menyukai ikan yang satu ini karena baunya yang amis, namun sarden adalah jenis makanan yang kaya akan omega-3. Mengkonsumsinya secara reguler dapat membantu Anda mengurangi resiko penyakit jantung koroner. 

2. Kacang-kacangan

Mengkonsumsi kacang-kacangan dalam jumlah yang cukup dapat mencukupi kebutuhan serat yang dibutuhkan manusia. Menambahkan kacang-kacangan dalam menu makanan Anda, menurut American Journal of Clinical Nutrition, sangat baik untuk menunjang kontrol berat badan dan menyehatkan jantung. 

3. Dark chocolate

Dalam sebuah studi yang dirilis pada Heart di tahun 2016 lalu, disebutkan bahwa konsumsi dark chocolate dapat mengurangi resiko seseorang terkena infark miokardial dan penyakit jantung. Pilih dark chocolate yang mengandung setidaknya 75 persen kakao.

4. Olive oil

Olive oil atau minyak zaitun sangat populer dan diakui manfaatnya terhadap kesehatan. Studi tahun 2014 yang dirilis pada Circulation menyebutkan bahwa extra virgin olive oil yang digunakan sebagai salah satu bahan untuk memasak, dapat membantu mengurangi resiko seseorang terkena fibrilasi atrium atau kelainan irama detak jantung.

5. Wine

Studi tahun 2016 yang dirilis pada Journal of Internal Medicine menyebutkan bahwa mengkonsumsi wine dalam jumlah yang sedikit dengan intensitas yang tinggi dapat melindungi jantung Anda. Namun perlu dicatat, meminumnya dalam jumlah yang berlebih, bukanlah hal yang menyehatkan. 

(ruf/fajar)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top