Pariwara
Politik

Indo Barometer Jagokan Kerry-Gusli Menang di Pilkada Konawe

TATAP MUKA : Ratusan warga menghadiri kampanye pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa-Gusli Topan Sabara di Kecamatan Abuki beberapa waktu lalu. Dalam survei Indo Barometer, KSK-GTS berpeluang besar memenangkan Pilkada Konawe.

KENDARIPOS.CO.ID — Pasangan calon (Paslon) Kerry Saiful Konggoasa-Gusli Topan Sabara kian PD jelang hari pencoblosan. Hasil survei Indo Barometer menempatkan pasangan berakronim KSK-GTS meraih poling tertinggi. Dalam survei yang dilakukan tanggal 9-16 Maret 2018, pasangan petahana masih diinginkan masyarakat memimpin Konawe. Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodari mengatakan survei itu dilakukan pada 28 kecamatan dengan jumlah responden 420 orang berusia minimal 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah. Metode penarikan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah multistage random sampling. “Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner sendiri. Margin error lebih kurang 4,78 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen,” katanya, Senin (14/5/2018)

Untuk figur calon bupati melalui pertanyaan terbuka atau spontan katanya, Kery Saiful Konggoasa mendapatkan prestasi 41,9 persen. Disusul Litanto 10,0 persen, Irawan Laliasa 8.1 persen, Muliati Saiman 1.9 persen, sementara nama calon lainnya masing-masing 1 persen. Pemilih yang menyatakan tidak tahu/tidak jawab 36.2 persen. “Jika pertanyaannya secara tertutup, Kery Saiful Konggoasa memperoleh dukungan 62.4 persen, Irawan Laliasa 14.5 persen, Litanto 14.3 persen, Muliati Saiman 3.6 persen. Pemilih yang menyatakan rahasia/belum memutuskan/tidak tahu/tidak jawab 5.2 persen,” rincinya.

Survei ini menunjukan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Kery Saiful Konggoasa mencapai 75,7 persen. Sementara hanya 22,6 persen tidak puas selebihnya atau 1,7 persen tidak menjawab. Angka tingkat kepuasan terhadap Bupati tergolong tinggi, karena mencapai 70 persen. Kemudian, tingkat menginginkan kembali Kery Saiful Konggoasa sebagai Bupati capai 67.1 persen, tidak menginginkan 28,6 persen dan tidak menjawab 4,3 persen. Ada lima alasan mengapa warga masih memilih calon petahana. Kinerjanya bagus 25,4 persen, dekat dengan rakyat atau merakyat 19,3 persen, melanjutkan program 8,3 persen, berjiwa sosial dan dermawan 5,8 persen, dan orangnya baik 3,8 persen.

“Pengenalan tertinggi juga diraih oleh Kery Saiful Konggoasa 99.5 persen, Litanto 80.7 persen, Irawan Laliasa 79,5 persen, dan Muliati Saiman 74.8 persen. Kandidat dengan tingkat kesukaan tertinggi masih Kery Saiful Konggoasa 85.9 persen, Gusli Topan Sabara 76.3 persen, Irawan Laliasa 60.5 persen, Litanto 59.3 persen, dan Muliati Saiman 54.8 persen,” jelasnya. Berdasarkan data diatas, calon Bupati dengan peluang menang terbesar saat ini adalah Kery Saiful Konggoasa dengan tingkat elektabilitas tertinggi dibanding kandidat lainnya. Selama menjabat Bupati, Kery Saiful Konggoasa juga memiliki tingkat kepuasan kinerja diatas 70 persen. Ditambah tingkat menginginkan Kery Saiful Konggoasa menjadi Bupati oleh masyarakat diatas 50 persen. “Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati dengan peluang menang terbesar adalah Kery Saiful Konggoasa–Gusli Topan Sabara berdasaran dari pertanyaan terbuka dan tertutup dengan simulasi 4 nama,” pungkasnya. (c/wan)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/kendaripos/public_html/wp-includes/functions.php on line 3729