Pariwara
Kolaka Utara

Antisipasi Banjir, BPBD Kolut Normalisasi Aliran Air

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
ANTISIPASI BANJIR : Upaya normalisasi sungai menggunakan alat berat di tengah ibu kota Kolaka Utara untuk mencegah terjadinya banjir.

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai ibu kota Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Lasusua terus digenangi banjir pada sejumlah titik. Penyebabnya, selain kondisi sungai, juga karena drainase dalam pusat administrasi pemerintahan itu tersumbat sampah pepohonan. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kolut, Hardi, menjelaskan, untuk mencegah hal tersebut, sejumlah jalan pada beberapa titik harus digali untuk pembuatan gorong-gorong. Dengan begitu, air bisa mengalir lurus menuju teluk. Pemkab juga akan melakukan pelurusan rute sungai dari wilayah pegunungan.

“Kurang lebih satu kilometer di pertengahan kota sungainya diluruskan yang sebelumnya berbelok-belok,” ujarnya, Senin (14/5). Beberapa ruas jalan yang terpaksa dipotong untuk membuat gorong-gorong diantaranya di ruas Tojabi, kompleks Pasar Lama dan beberapa titik lainnya. “Saya pikir warga tidak ada yang menolak karena ini untuk kebaikan bersama,” ujarnya.

Sayangnya, Hardi belum mengetahui lebih rinci titik mana saja yang akan dikerjakan alat berat dalam upaya perbaikan aliran sungai tersebut. Pasalnya, tanggung jawab itu ditangani pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU). “Tinggal nanti keputusan pimpinan saja untuk pendanaannya apakah akan diserahkan ke BPBD atau PU,” sambungnya. Yang jelas menurut pandangannya, Lasusua ataupun Kolut pada umumnya di area padat penduduk aliran airnya baik sungai maupun drainase harus tanpa hambatan. Artinya, jika itu berkelok maka wajib diluruskan. “Dataran rendah itu hanya beberapa persen saja dan selebihnya pegunungan. Jika arus deras dan alirannya berkelok maka sasarannya pasti meluap dan banjir atau mengikis bantaran,” pungkasnya.

Untuk diketahui, wilayah kompleks Pasar Lacaria misalnya, karena drainase tidak memadai membuat genangan masih mengendap di sebagian besar lahan kosong. Tidak ada jalan untuk mengalir hingga membuat Pemkab terpaksa membelah salah satu jalan di persimpangan agar air bisa ke teluk.(b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top