Pariwara
Konawe Selatan

1.200 Perangkat BPD Konsel Dilatih Cegah Korupsi

Mujahidin

KENDARIPOS.CO.ID — Sejumlah anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) diikutkan dalam sosialisasi pencegahan korupsi. Kegiatan itu sendiri digagas Badan Inspektorat Kabupaten Konsel. Sebanyak 1200 anggota BPD mengikuti kegiatan bertemakan “Sayangi Desamu”. Kepala Badan Inspektorat Konsel, Mujahidin, mengungkapkan, Pemkab melalui instansinya telah melakukan berbagai pengawasan, termasuk upaya pencegahan korupsi secara dini.

“Sasaran kita kali ini adalah unsur perangkat BPD. Bagaimana kita meningkatkan peran mereka sebagai pengawas tingkat pertama di desa,” ungkapnya, senin (14/5). Dalam kegiatan sosialisasi tersebut pihaknya melibatkan kejaksaan, kepolisian dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Konsel. “Sosialisasi tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan secara dini penyalahgunaan kewenangan terhadap kegiatan kegiatan pembangunan di daerah. Baik yang dibiayai ADD, DD, APBD maupun APBN,” terangnya.

Mujahidin mengungkapkan, kegiatan tersebut sebagai upaya peningkatan kapasitas BPD dalam mengingatkan kembali peran dan fungsinya yaitu, menggali, menampung, mengelola dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Sebab salah satu fungsinya adalah melakukan pengawasan terhadap kinerja kepala desa. “Kami berharap dari pelaksanaan sosialisasi tersebut para BPD setelah kembali ke desa masing dapat menerapkan tugas dan fungsinya sehingga pelaksanaan APBDes berjalan optimal seusai dengan perencanaan dan kebutuhan masyarakat,” tandasnya. (c/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top