Pariwara
Nasional

Percepat Pembahasan RUU Antiterorisme!

KENDARIPOS.CO.ID — Ketua Pansus Revisi UU Antiterorisme M Syafii langsung merespon pernyataan Kapolri terkait desakan Perppu. Romo, sapaan akrab M Syafii menilai Kapolri harusnya mendesak pemerintah agar bisa merespon permintaan DPR terkait pembahasan revisi UU Terorisme.”Kalau DPR dianggap bikin lama (pembahasan), itu kami bantah keras. DPR selalu ingin cepat,” kata anggota Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini, Minggu (13/5/2018).

Menurut Romo, contoh terakhir membuktikan, DPR sudah menjadwalkan sebelum paripurna menjelang reses pada April lalu, membahas pasal terkait definisi terorisme bersama pemerintah. Namun, pemerintah tidak menunjukkan semangat yang sama. Pembahasan terkait definisi terorisme menjadi panjang, karena pihak pemerintah menolak pasal terkait itu. ”Terorisme menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) saja ada motif ada tujuan, pemerintah tidak mau ada motif dan tujuan. Padahal definisi terorisme ini penting agar aparat tidak sesuka hati menangkap orang,” ujarnya.

Terkait dengan desakan perppu, Romo meminta kepada Kapolri untuk melakukan evaluasi internal. Dalam hal ini, patut dicatat bahwa dua kejadian aksi terorisme terjadi di Mako Brimob dan sejumlah gereja. Keduanya adalah lokasi dimana aparat Polri selalu melakukan pengamanan dan pengawalan. ”Di Mako Brimob kan ketat, ada seleksi makanan, seleksi tamu, terjadi juga (aksi terorisme). Kejadian gereja, terjadi juga. Ini justru menunjukkan Polri tidak profesional,” kritik Romo. Karena itu, lanjut dia, Kapolri tidak perlu mendesak-desak agar Presiden mengeluarkan Perppu. Kapolri justru harus melakukan evaluasi internal, karena lokasi-lokasi yang justru mendapat pengawalan Polri malah muncul serangan terorisme. ”Jadi tolong tingkatkan profesionalisme Polri. Saya minta ini juga dicatat, Kalau Kapolri tidak mampu, ya mundur saja,” tegasnya. (bay/jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top