Pariwara
Buton Utara

Hujan Mulai Mengguyur Butur, Waspada Bencana Banjir

WASPADA BANJIR : Sejumlah kediaman warga di Buton Utara mulai terencam genangan setelah hujan mengguyur kawasan itu beberapa hari terakhir. Kewaspadaan terhadap bencana banjir mulai ditingkatkan.

KENDARIPOS.CO.ID — Hujan deras dengan intesitas tinggi terus mengguyur Kabupaten Buton Utara (Butur) sejak beberapa hari terakhir. Beberapa kediaman warga terendam akibat beberapa aliran sungai meluap, akhir pekan lalu. Kondisi saat ini sudah surut. Kendati demikian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengimbau seluruh masyarakat untuk mewaspadai curah hujan tinggi terutama bagi yang kediamannya terletak dekat aliran sungai yang sewaktu-waktu kembali meluap.

“Hujan diprediksi terus mengguyur selama beberapa hari ke depan. Titik rawan banjir terletak di wilayah Kulisusu Barat, Bonegunu, Kambowa dan Kulisusu Utara,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Buton Utara, Yurlif Halir, Minggu (13/5). Ia mengungkapkan, hujan terus merendam puluhan hektare sawah dan beberapa rumah. “Masyarakat harus tetap siaga. BPBD Buton Utara tidak tinggal diam, tetap berupaya membantu walupun pemerintah daerah belum mengganggarkan normalisasi sungai yang sering mengalami luapan,” imbaunya.

Yurlif mengungkapkan, jika tidak secepatnya dinormalisasi, sungai-sungai itu berpotensi mengakibatkan banjir. Peristiwa seperti tahun-tahun sebelumnya dipastikan akan terulang. Olehnya itu BPBD selalu siap dan siaga. ”Insyaallah tahun ini ada anggaran tambahan dari pemerintah pusat untuk pemberdayaan masyarakat dalam mengantisipasi penanggulangan bencana,” tandasnya. (c/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top