Pariwara
Konawe Utara

Distan Konut Remajakan Tanaman Jangka Panjang

Yuliatin

KENDARIPOS.CO.ID — Pencanangan peremajaan kelapa dalam mulai dari Kecamatan Lasolo, Sawa dan Lembo sedang digagas pihak Dinas Pertanian (Distan) Konawe Utara (Konut). Tak hanya kelapa dalam yang menjadi prioritas peremajaan. Sebab tanaman lada dan cengkih juga menjadi bagian program yang akan diperluas oleh Dinas Pertanian.

Kepala Bidang Perkebunan pada Distan Konut, Yuliatin, menuturkan, peremajaan kelapa dalam merupakan program yang menjadi prioritas bidangnya dalam meningkatkan perekonomian warga. Apalagi kelapa milik petani telah banyak yang tak produksi akibat usia. “Untuk peremajaan lahan yang disiapkan seluas 400 hektare. Calon penerima bantuan peremajaan kelapa dalam akan dibagi dalam bentuk kelompok. Masing-masing 20 sampai 25 orang tiap kelompoknya,” ujar Yuliatin didampingi Kepala Seksi, Imran Moita, akhir pekan lalu.

Tak hanya peremaaan kelapa dalam, tanaman lada dan cengkih juga menjadi prioritas Bidang Perkebunan. Untuk tanaman lada diprioritaskan di Kecamatan Wiwirano tepatnya di Desa Pondoa. “Bibit yang akan disalurkan untuk lada sebanyak 250.000 pohon. Itu lokasinya di daerah atas (Wiwirano). Program itu tahun ini sementara dijalankan. Begitupun dengan cengkih juga akan disalurkan di Kecamatan Lembo dan Lasolo,” rincinya.

Terkait pemupukan tanaman lada dan cengkih, Yuliatin menuturkan bila tahun ini tak ada porsi anggaran untuk itu. Namun ia berjanji akan memasukan anggaran pemupukan saat pembahasan APBD Perubahan 2018. (c/min)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top