Pariwara
Kolaka

Pemkab Kolaka Dorong Pengembangan TTG

ZULFADLY NUR/KENDARI POS
TTG : Suasana lomba inovasi teknologi tepat guna yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kolaka.

KENDARIPOS.CO.ID — Dalam meningkatkan sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) mendorong masyarakat agar lebih berinovasi dalam mengembangkan teknologi tepat guna (TTG) agar meningkatkan perekonomiannya. Terbaru, pihak DPMD yang dipimpin Akbar, menggelar lomba inovasi TTG tingkah Kabupaten Kolaka.

Asisten II Setkab Kolaka, Andi Zulkarnain, mengatakan, pihaknya akan terus mendukung pengembangan TTG yang dilakukan putra putri Bumi Mekongga. Ia berharap, dengan adanya lomba inovasi TTG tersebut dapat mendorong seluruh stakeholder dan SKPD di Kolaka untuk senantiasa mendukung karya atau inovasi yang dilakukan masyarakat.

“Kami berharap, dengan adanya kegiatan ini bisa membuka mata para SKPD agar bisa mendukung masyarakat dalam mengembangkan TTG. Sebab dengan adanya TTG yang dihasilkan oleh masyarakat, maka dapat berdampak pada perekonomian di daerah,” ujarnya, jumat (11/5). Mantan Kepala BPKAD Kolaka tersebut berjanji, pihaknya akan terus mendukung inovasi TTG yang dilakukan masyarakat ataupun pelajar. Sebab, selain dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, inovasi TTG juga dapat mengharumkan nama daerah di tingkat nasional.

“Kami berharap bisa lebih banyak lagi inovasi tahun depan agar masyarakat semakin sejahtera dan mandiri. Kegiatan ini juga merupakan agenda tahunan dan juga menjadi ajang seleksi untuk mengikuti lomba inovasi TTG tingkat nasional,” tutur Andi Zulkarnain. Dalam lomba inovasi TTG tersebut, tercatat ada 15 grup yang terdiri dari lima pelajar dan 10 kelompok masyarakat umum mengikuti lomba tersebut. Hasilnya, di tingkat pelajar, siswa SMAN 1 Kolaka terpilih sebagai juara dengan inovasinya alat pengisap buah cengkeh. Sedangkan di kalangan umum yang menjadi terbaik adalah Briptu Agus Hartono. Anggota Polsek Wundulako tersebut memamerkan karyanya yaitu alat konversi limbah plastik menjadi bahan baku alternatif bensin dan solar.

“Indikator penilaian dalam lomba inovasi TTG ini yaitu manfaat, aplikasi, dan inovasi. Dari poin manfaat yang dinilai diantaranya apakah alat TTG yang dihasilkan itu dapat meningkatkan produktifitas suatu produk dan relevan. Dari poin aplikasi yang dinilai adalah tingkat pembuatan alat tesebut, apakah ekonomis dan mudah dibuat. Sedangkan inovasi yang dinilai adalah apakah alat TTG tersebut merupakan hasil kreasi sendiri atau modifikasi dari alat sebelumnya,” jelas Kasi Transmigrasi dan Pembangunan Kawasan DPMD, Aswik Pawotongi. (b/fad)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top