Pariwara
Wakatobi

Bandara Maranggo di Wakatobi Masih Aset Buton

DPRD WAKATOBI FOR KENDARI POS
ASET : Kunjungan anggota DPRD Buton ke Bandara Maranggo di Tomia, didampingi Ketua DPRD Wakatobi, Muhammad Ali bersama Sekab, M. Ilyas Abibu.

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah mekar dari Kabupaten Buton sejak tahun 2003 lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi masih memperjuangkan salah satu aset yang kini belum diserahkan wilayah induk, Buton. Bandar Udara Maranggo di Tomia yang dibangun sejak tahun 2000 lalu hingga kini masih menjadi aset Buton meski Pemkab Wakatobi telah berupaya agar aset ini diserahkan ke daerah yang dipimpin Bupati, H. Arhawi ini.

Sebenarnya, sejak masa kepemimpinan Bupati, Hugua selama dua periode, usulan penyerahan aset yang masih difungsikan ini sudah dilakukan pemerintah setempat. Sayangnya, belum juga terwujud hingga kini. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Wakatobi, Muhammad Ali, menegaskan, sesuai undang-undang nomor 23 tentang otonom daerah, setelah otorita dimekarkan, maka semua aset yang berada di teritorial daerah tersebut harus diserahkan.

“Dan itu belum dilakukan hingga sekarang. Dampaknya, maka Pemkab Wakatobi tidak bisa melakukan pemeliharaan meski Bandara Maranggo berada di Wakatobi,” ungkap pria yang akrab disapa Ali Tembo ini, jumat (11/5). Pria asli Tomia ini mengungkapkan, tanah Bandara Maranggo sampai saat ini masih milik Pemkab Buton. Sementara bangunannya milik Penyertaan Modal Asing, PT Dive Resort sejak tahun 2000.

“Artinya, Bandara ini dibangun sejak Wakatobi belum mekar. Kami sudah melakukan pengusulan pada Pemkab Buton agar segera di diselesaikan. Tahun ini kita berupaya agar aset tersebut diserahkan ke Pemkab Wakatobi. Karena pemerintah setempat sampai sekarang tidak bisa melakukan pemeliharaan,” tambahnya.

Upaya tersebut memang mulai mendapat respon positif. Pada akhir April lalu, DPRD Buton telah melakukan kunjungan langsung ke Bandara Matahora dan melakukan peninjauan. Kedatangan anggota DPRD Buton didampingi langsung Ketua DPRD Wakatobi dan Sekretaris Kabupaten (Sekab), Muhammad Ilyas Abibu. “Mereka berjanji akan melakukan rapat bersama dengan Pemkab Buton dan rapat paripurna penyerahan aset tersebut ke Wakatobi. Prinsipnya, kita berharap pada tahun ini. Semoga saja segera dituntaskan,” harapnya. (c/thy)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top