Pariwara
Muna Barat

Aktivitas Pukat Trawl Rusak Perairan Mubar

H. La Jono

KENDARIPOS.CO.ID — Penggunaan pukat trawl di wilayah perairan Muna Barat (Mubar), marak terjadi. Dalam semalam, kapal pengguna jaring penangkap ikan yang dilarang karena tak ramah lingkungan tersebut bisa mencapai 20 buah. Informasi itu diungkapkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mubar, H. La Jono, sesuai laporan warga setempat.

Saat ini kata Jono, wilayah perairan di Muna Barat sudah mulai rusak akibat penggunaan alat tangkap tersebut. Meski upaya pencegahan seperti sosialisasi dan patroli telah dilakukan, namun langkah tersebut belum efektif. “Sosialisasi kita sudah lakukan sejak dulu. Beberapa hari yang lalu juga kita turun patroli dan ada satu kapal berhasil kami amankan. Tapi tadi malam (Kamis 10/5), ternyata ada lagi laporan sekitar 20 kapal beroperasi menggunakan pukat trawl,” keluhnya, Jumat (11/5).

Kendati kejadian tersebut sudah berlangsung lama dan terus-menerus, namun sampai saat ini pihak DKP Mubar masih kesulitan melakukan pengawasan. Sebab selain keterbatasan personel dan fasilitas, pelaksanaan operasi juga kerap bocor. “Masyarakat yang melihat juga tak berani untuk menegur, karena takut bentrok sesama nelayan. Tapi penggunaan trawl ini sudah merusak terumbu karang di perairan Muna Barat. Jaring, pancing dan alat tangkap bubu milik masyarakat semua juga ikut digulung oleh pukat tersebut. Jadi nelayan pesisir sudah tak bisa dapat apa-apa,” jelasnya.

Untuk saat ini, satu kapal yang diamankan karena menggunakan jenis pukat harimau tersebut sedang diproses. “Masih berada di Pelabuhan Latawe dan sementara kita proses. Apakah sanksinya pembinaan dulu atau kita akan pidanakan,” tandas La Jono. (b/yaf)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/kendaripos/public_html/wp-includes/functions.php on line 3729