Pariwara
HEADLINE NEWS

Persiapan Sudah Mantap, Pj Gubernur Sultra Siap Lantik La Bakry

Pj Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi

KENDARIPOS.CO.ID — Pelantikan La Bakry sebagai Bupati Buton defenitif akhirnya terjadwal. Pemerintah provinsi (Pemprov) Sultra menjadwalkan, pengambilan sumpah pengganti Umar Samiun itu akan dilakukan pada Senin (14/5) mendatang. Tempatnya di Aula Bahteramas kantor gubernur Sultra. Rencana pelantikan itu disampaikan langsung Pj Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri ini mengaku sudah mendapat instruksi dari pimpinannya Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo untuk melantik La Bakry sebagai bupati Buton definitif.

“SK pengangkatan La Bakri sebagai bupati definitif sudah ada. Sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah, saya wajib melantik La Bakri. Kita sudah jadwalkan pelantikan dilakukan Senin (14/5), sekira pukul 15.00 Wita,” ungkap Teguh, jumat (11/5). Teguh menegaskan, keterlambatan pelantikan La Bakry bukan karena keengganan Pemprov Sultra. Sebab, semestinya yang harus mengusulkan pengajuan bupati definitif adalah DPRD Buton. Namun tidak dilakukan, maka Pemprov mengambil alih dan mengusulkan pelantikan La Bakry ke Kemendagri sejak tiga pekan lalu. “Jadi, hanya soal proses dan mekanisme saja. Bukan karena hal lain,” katanya.

Soal kesiapan pelantikan kata dia, sudah memerintahkan Asisten 1 Pemprov, Pj Sekrov dan Biro Pemerintahan untuk mengurus semuanya. “Intinya manusia berencana, Tuhan menentukan. Kami sudah urus semuanya, semoga lancar. Insya Allah semuanya siap,” jelasnya. Ditemui terpisah, Asisten 1 Setda Provinsi Sultra, Sarifuddin Safaa mengatakan undangan pelantikan sudah dicetak dan siap edar. Para bupati dan wali kota se-Sultra, anggota DPRD dan kepala OPD se-kabupaten Buton, anggota DPRD Sultra dan OPD Provinsi Sultra akan hadir sebagai tamu undangan menyaksikan seremoni pelantikan La Bakry.

Pelantikan itu lanjut Sarifudin juga akan dilakukan untuk ketua tim penggerak PKK kabupaten Buton. “Selain pak Bakri, istrinya juga akan dilantik sebagai ketua PKK. Itu juga akan dilakukan oleh ketua PKK Sultra,” tambahnya. Direktur Fasilitas Kepala Daerah, DPRD dan Hubungan Antar Lembaga (FKDH) Kemendagri, Akmal mengungkapkan, SK pelantikan La Bakrie menjadi Bupati Buton telah diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Sultra. “SK pelantikan sudah ada dan sudah kami serahkan kepada Pemprov Sultra. Soal pelantikan, nanti mereka (pemprov Sultra) yang ambil alih,” kata Akmal.

Sebagai tambahan, La Bakrie adalah Wakil Bupati Buton mendampingi Samsu Umar Abdul Samiun. Hanya dalam perjalanannya, Umar Samiun tidak bisa melanjutkan kerjanya sebagai bupati karena terjerat kasus hukum. Dia divonis bersalah dalam kasus suap mantan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar pada Pilkada Buton 2012. Pria yang karib disapa Umar Samiun ini divonis bersalah oleh Hakim PN Tipikor Jakarta Pusat dengan hukuman 3 tahun 9 bulan penjara. (b/ely)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/kendaripos/public_html/wp-includes/functions.php on line 3729