Pariwara
Nasional

Jelang Musim Mudik, Kondisi Jembatan Dipantau

INGATKAN: Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono meminta jajarannya memantau seluruh jembatan nasional di seluruh Indonesia. Hal ini sengaja dilakukan untuk memberikan keamanan pada pemudik nantinya. Foto: JPNN

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus memantau kondisi jembatan nasional di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan masyarakat saat mudik lebaran yang menggunakan jalur darat. ”Setiap tahun dua kali kita audit yakni sebelum dan sesudah musim hujan. Namun pemeliharaan dan perbaikan jembatan juga perlu diikuti oleh kepatuhan terhadap aturan beban kendaraan,” kata Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), jumat (11/5).

Basuki mengatakan, koordinasi terus dilakukan dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Korlantas, dan Kementerian Perdagangan untuk menegakkan kembali aturan pembatasan berat beban. ”Salah satu yang dibahas kita minta tidak ada import truk bekas berukuran besar, soal jembatan timbang, serta pengecekan beban truk yang keluar gudang. Ini penting diperhatikan, terutama saat mudik lebaran nanti,” ingatnya.

Saat ini, PUPR sedang fokus perbaikan Jembatan Cincin Lama di Widang, Tuban, Jatim. Sebelum runtuh, Jembatan Cincin Lama dilintasi kendaraan dari arah Lamongan yang menuju Tuban. Sementara untuk menuju arah sebaliknya, kendaraan melintasi Jembatan Cincin Baru yang berada di sebelahnya.

Pemeliharaan Jembatan Cincin Lama dilakukan secara rutin oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional  (BBPJN) VIII dan Ditjen Bina Marga PUPR. Pada tahun 2018, alokasi dana preservasi dan rehabilitasi 15 jembatan di ruas jalan Babat-Tuban-Lamongan-Gresik sebesar Rp 5,7 miliar. Dari jumlah tersebut preservasi untuk Jembatan Cincin Lama dan Jembatan Cincin Baru sebesar Rp 1,29 miliar.
“Semua akan dipantau,” imbuhnya. (wan/jpg)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top