Pariwara
Kolaka Utara

Pos SAR Kolut Siap Dibangun, Diperkuat 59 Rescue

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
SAR : Pelatihan penyelamatan yang digelar Basarnas Kendari di kawasan Pantai Berova, Lasusua. 95 orang dinyatakan lolos seleksi yang siap diterjunkan saat bencana alam.

KENDARIPOS.CO.ID — Geografis Kolaka Utara (Kolut) yang didominasi pegunungan membuat otorita tersebut rentan bencana alam. Hanya saja, meski Badan SAR Nasional (Basarnas) Kendari serta Kolaka cukup sigap dalam respon audio (komunikasi), namun terkendala dari segi tindakan karena jarak jangkauan yang jauh. Makanya, Kepala Basarnas Kendari, Djunaidi bermohon ke Pemkab Kolut menyiapkan lahan untuk membangun pos unit SAR.

Hal ini mendapat respon positif Bupati, Nur Rahman Umar. Diharapkan, tahun depan bisa terealisasi. Kata Djunaidi, 59 personel SAR di Kolut dipastikan sudah siap saat ini sebelum pos unit itu dibangun. Mereka merupakan warga Kolut yang beasal dari masyarakat pesisir, mahasiswa, kelompok pemuda dan juga melibatkan TNI-Polri yang telah dilatih kurang lebih sepekan melalui pelatihan potensi Search and Rescue (SAR) di Kecamatan Lasusua.

Pelatihan yang merangkum tiga jenis kegiatan sekaligus tersebut, untuk pertama kalinya digelar sejak Djunaidi memimpin Basarnas. Kolut dipilih mengingat menjadi salah satu daerah rentan, namun jauh dari jangkauan Basarnas Kendari dan Kolaka. “59 orang telah dilatih sepekan. Saat terjadi musibah meski kami (Basarnas) maupun SAR Kolaka belum tiba tetapi atas nama SAR mereka sudah langsung bergerak baik kecelakaan di laut (teluk), longsor hingga pencarian orang hilang di hutan sudah bisa langsung dilakukan,” ujarnya, kamis (10/5).

95 orang dari 100 orang peserta rekrutan Basarnas dipandang lolos seleksi sebagai rescuer. Mereka telah dibekali pengetahuan dan praktik medikal sekunder atau tindakan menstabilkan raga korban yang sebelumnya bernama P3K, basic water skill (pertolongan di air) serta jungle rescue (navigasi darat) untuk melakukan pertolongan di hutan. “Tinggal ditunggu pembangunan Pos Unit SAR tahun depan,” pungkasnya. (rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top