Pariwara
Buton Tengah

BPBD Buteng Rehabilitasi Lima Tanggul

TANGGUL : Kepala BPBD Buteng, Muh. Yusuf saat mengecek salah satu tanggul dari lima titik yang akan direhabilitasi untuk mengantisipasi potensi bencana. Foto: Muhammad Yusuf/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Rehabilitasi dan rekonstruksi lima tanggul akan dilakukan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buton Tengah (Buteng), tahun ini. Langkah tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi risiko bencana yang mungkin terjadi kapan saja. Kepala BPBD Buteng, Muh. Yusuf mengatakan, lima tanggul yang akan direhabilitasi tersebut berada di Kecamatan Gu, Lakudo, Talaga, Mawasangka Timur dan Mawasangka. Hanya saja, ia tak menyebutkan secara pasti anggaran yang dialokasikan untuk setiap tanggul tersebut.

Namun menurut pejabat yang kerap berpindah tugas tersebut, total anggaran yang diperoleh dari pemerintah pusat untuk merehabilitasi lima tanggul itu sebesar Rp 30 miliar. “Kami hanya tinggal menunggu dana yang dikucurkan pusat untuk segera melakukan kegiatan perbaikan tanggul. Artinya, anggaran yang kita usulkan untuk melaksananakan rehabilitasi tanggul tersebut sudah mendapat persetujuan pusat,” ungkap mantan Kepala BPBD Muna tersebut.

Ia mengungkapkan, pihaknya mengusulkan kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pada lima tanggul tersebut karena kondisinya memprihatinkan. Pasalnya, tanggul-tanggul tersebut sudah rusak akibat dihempas ombak dan badai selama beberapa tahun. “Perlu diketahui, tugas pokok kita di BPBD adalah berupaya untuk mengurangi risiko bencana seminimal mungkin. Kalaupun ada kegiatan proyek, seperti perbaikan tanggul ini, merupakan tugas tambahan. Artinya kalau tidak dilakukan rehabilitasi akan berakhir menjadi bencana,” argumennya. (c/myu)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top