Pariwara
Buton

Banyak Warga Perantau di Buton Belum Rekam KTP-el

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Tahun 2018 ini, sudah tiga kali pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Buton turun ke desa-desa pada tujuh kecamatan yang ada. Pihak instansi teknis yang mengurusi data dan administrasi kependudukan tersebut melakukan upaya jemput bola atau perekaman secara mobile dengan mendatangi langsung rumah-rumah warga.

Sayangnya, realisasi perekaman jauh dari target. Hasilnya, baru dapat menghimpun 6.000 jiwa, dari total 11.000 warga yang belum melakukan perekaman KTP-el. Kepala Disdukcapil Buton, M. Amin, mengatakan, belum maksimalnya perekaman saat jemput bola tersebut, karena banyak penduduk tak berada di tempat. “Mereka merantau di luar daerah. Bukan hanya para perantau saja, sebagian yang belum melakukan perekaman berasal dari pemilih pemula pada Pilkada 2018 mendatang. Jadi bukannya tidak aktif, tapi karena mereka memang masih berada di luar daerah. Pemilih pemula ini belum bisa kita lakukan perekaman, karena umurnya belum 17 tahun, nanti pada saat Pemilu baru bisa direkam,” ujarnya saat dihubungi, Kamis (10/5).

Amin memaparkan, jika dirata-ratakan tiap desa, ada 10 hingga 20 orang belum melakukan perekaman. “Itupun mereka ini lagi merantau. Kita juga sudah kejar. Bukan lagi dari desa ke desa tapi sudah rumah ke rumah,” katanya.

Kendati demikian, sebelum pelaksanaan Pilkada mendatang pihaknya terus melakukan perekaman bekerja sama dengan KPU dan Panwaslu. Ia mengimbau masyarakat agar berperan aktif mengajak serta anggota keluarganya yang belum melakukan perekaman. Ia juga meminta warga Buton yang merantau untuk kembali sementara, mengurus administrasi sehingga mendapat dokumen kependudukan. (b/mel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top