Pariwara
Buton

Ujian Paket di Buton Gunakan Sistem UNBK

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) paket B (setara SMP) dan C (setara SMA) untuk pertama kalinya akan digelar di Buton. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Buton, Harmin, mengatakan, peningkatan pendidikan sekarang menjadi prioritas pemerintah. Itu sesuai nawacita Presiden, Joko Wododo dalam meningkatkan kualitas hidup manusia melalui program Indonesia Pintar.

Sebagai upaya mencapai program prioritas pemerintah dibidang pendidikan dan kebudayaan, dilakukan kesetaraan, tak terkecuali pendidikan anak usia dini (PAUD) 0-5 tahun serta pendidikan anak usia sekolah putus sekolah 6-18 tahun. “Pemerintah selalu melakukan berbagai upaya meningkatkan kualitas layanan pendidikan mulai dari PAUD, SD SMP dan SMA hingga pelajar yang putus sekolah,” ujar Harmin.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Buton, Nanang Lakaungge, merinci, tahun ini ada 37 peserta yang mengikuti ujian paket C. 21 orang laki-laki dan 16 perempuan. Sementara yang mengikuti UNBK paket B sebanyak 20 orang, masing-masing 10 pria dan wanita.
“Pendidikan kesetaraan yang digelar dapat berfungsi mengembangkan pengetahuan, keterampilan sikap dan nilai sekolah sederajat. Ini bertujuan mengembangkan dasar- dasar pembentukan warga negara yang beriman, bertaqwa, berkarakter, bermartabat serta memberikan pelajaran bermakna dan produktif dengan standar memadai. Target agenda pendidikan 2030 untuk PAUD yakni memastikan seluruh anak memperoleh akses terhadap perkembangan, perawatan dan pendidikan pra SD yang bermutu untuk menjawab kesiapan memasuki pendidikan dasar,” papar Nanang.

Ia berharap, UNBK paket B dan paket C dapat membantu masyarakat mendapatkan ijazah. Selain itu juga dapat memberikan kecakapan hidup yang beroreantasi mata pencaharian, kewirausahaan, kejujuran dan pekerjaan hingga pembekalan untuk lanjut ke perguruan tinggi. Untuk diketahui pelaksanaan UNBK berbeda. Paket C dilaksanakan di SMKN 1 Baubau sejak 27-29 April lalu. Sementara pelaksanaan UNBK paket B pada tanggal 4-6 Mei 2018 lalu, di tempat yang sama.(c/mel)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top