Pariwara
Muna Barat

Kades di Mubar Diingatkan Tertib Administrasi

Achmad Lamani

KENDARIPOS.CO.ID — Para kepala desa (Kades) di Muna Barat (Mubar) sudah diminta Bupati, LM Rajiun Tumada agar selalu memerhatikan laporan pertanggungjawaban atas pekerjaan penggunaan dana desa (DD) di masing-masing wilayahnya. Selasa (8/5), giliran Wakil Bupati (Wabup) Mubar, Achmad Lamani mengumpulkam 81 Kades dan lima lurah, serta 11 camat. Dalam kesempatan tersebut, Achmad Lamani, meminta semua aparatur pimpinan wilayah masing-masing agar tertib administrasi.

“Batas waktu penyerahan laporan pertanggungjawaban itu sampai tanggal 13 Mei mendatang. Jadi kalau masih ada yang belum masukan laporannya maka bisa diserahkan langsung ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa,” jelasnya. Terlebih tim BPK akan datang ke Mubar tanggal 21 Mei. Makanya, seluruh Kades diharap secepatnya menyerahkan laporannya. Karena dari 81 desa dan lima kelurahan, diketahui baru 53 wilayah yang sudah menyerahkan laporan pertanggungjawabannya.

Kepala DPPKAD Mubar, Zakaruddin Saga, menyoroti kinerja para Kades. “Berbagai kebijakan dan kemudahan sudah kita berikan, tapi semuanya ternyata hanya dipandang biasa. Dan ini terulang lagi dengan kejadian tahun lalu. Jika ditanya kenapa laporan pertanggungjawaban selalu terlambat, jawabannya pasti hanya persoalan sumber daya manusia. Tapi ketika urus pencairan, tidak pernah bicara SDM,” sindirnya.

Zakaruddin menjelaskan, untuk tahun 2018 pengusulan pencairan dana dari 31 desa yang sudah masuk dan terproses sampai tahap pencairan baru 25 desa. Sedangkan selebihnya masih dalam perbaikan. “Karena itu kami sangat berharap, Kades dan perangkatnya selalu teliti dan tertib administrasi,” tandasnya. (b/yaf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top