Pariwara
Muna

Harga Garam di Muna Mulai Naik

KENDARIPOS.CO.ID — Kelangkaan garam terjadi di Kabupaten Muna. Pedagang mengeluh sebab stok bumbu dapur tersebut sangat terbatas. Selai itu, pembeli justru dibuat geram sebab kini, harga komoditas garam naik hingga dua kali lipat. Kondisi itu disebabkan dua agen utama garam di Muna kini tutup. Pantauan Kendari Pos, harga garam di Pasar Sentral Laino kini bervariasi. Merek Perahu dan Perahu Layar naik hingga Rp 500 tiap bungkus. Padahal biasanya harga jenis itu hanya Rp 2.500.

Sementara per karung, garam naik hingga Rp 165 ribu untuk ukuran 25 kilogram. Bahkan, kata pedagang pernah melambung hingga Rp 200 ribu. Padahal idelalnya, tiap karung hanya Rp 150 ribu. Kondisi itu juga sebenarnya dikeluhkan pedagang. “Kita biasanya ada garam (merek) Polewali yang dari agen Raha. Tapi sekarang ditutup, jadi garam kita cari sendiri di Kendari atau di daerah lain,” kata Rini, pedagang Pasar Laino, Selasa (8/5).

Pendataan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menemukan hal serupa. Untuk garam beryodium kini harganya mencapai Rp 8.000 per kilogram dari biasanya hanya Rp 6.000. Menurut Kepala Bidang Perdagangan pada Disperindag Muna, Arif Wau, penyebab naiknya harga garam karena berhenti beroperasinya dua agen di Muna yakni Indomekar dan Polewali Jaya.

“Balai pengawasan obat dan makanan Kendari yang hentikan karena standar operasionalnya tidak sesuai SNI. Padahal dua agen tersebut yang suplai garam selama ini. Di gudang mereka ada banyak garam tersimpan dan belum bisa dijual,” terangnya. Arif mengakui harga garam kini naik hingga dua kali lipat. Pihaknya tak punya langkah antisipatif apabila izin dua agen belum dicabut oleh BPOM Kendari. Setidaknya, bagaimana mengantisipasi kelangkaan garam selama ramadan, Arif belum bisa banyak berbicara. “Saya tunggu instruksi pimpinan saja. Mungkin bisa lewat pasar murah,” imbuhnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top