Pariwara
Wakatobi

Anggaran Medik tak Cair, Staf dan Honorer RSUD Wakatobi Ancam Mogok Kerja

KENDARIPOS.CO.ID — Ratusan pegawai negeri sipil (PNS) dan tenaga magang yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wakatobi mengancam akan melakukan tindakan mogok kerja. Langkah tersebut sebagai bentuk protes karena proses pembagian anggaran jasa medik selama lima bulan belum dibayarkan oleh pihak manajemen RSUD. Kepala Tata Usaha RSUD Wakatobi, Efendi, membenarkan jika jasa medik pada para pegawai sejak Januari hingga Mei ini memang belum dibayarkan.

Kendati telah mendengar ratusan pegawai dan tenaga magang akan melakukan mogok kerja, namun pihaknya berdalih persoalan ini terjadi karena tak ada kesepakatan yang baik. “Karena masing-masing unit mempertahankan ego. Makanya, kesepakatan tidak ada,” ungkap Efendi, Selasa (8/5). Ia mengungkapkan, setelah ada kesepakatan terkait hal tersebut, proses pencairan harus dilakukan secara nontunai sehingga mengalami sedikit kendala. Padahal sebelumnya, pihak manajemen telah mengatur, jasa medik pelayanan sebesar 75 pesen dan 25 persen lainnya untuk manajemen kantor.

“Sekarang kita ubah konsepnya. Untuk pelayanan 90 persen dan manajemen kantor hanya 10 persen. Sudah ada surat keputusannya. Kalau jumlah PNS yang bertugas di RSUD sebanyak 144 orang dan honorer ada 296,” papar Efendi. Sayangnya, persoalan tak berhenti sampai di situ. Perdebatan yang begitu alot mengakibatkan pengurusan pencairan juga ikut terlambat. “Setelah setuju, maka diurus di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Prosesnya lumayan panjang,” terangnya.

Kendati demikian, pihaknya telah melakukan upaya pencairan. Bahkan cek pencairan telah ditandatangani Direktur Utama RSUD Wakatobi. “Karena diproses hari Jumat dan waktu singkat, makanya pencairan diselesaikan hari Senin. Sempat ada kecurigaan dari pihak pegawai bahwa uang ini sengaja ditahan padahal tidak sama sekali,” tegasnya. Setelah menyelesaikan persoalan tersebut, Efendi memastikan proses pelayanan di RSUS telah kembali normal. Pasalnya, masalah anggaran medik yang menjadi akar permasalahan ini telah tuntas. (c/thy)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top