Pariwara
Olahraga

Sejarah Baru, 8 Wasit Sultra Dipercaya Pimpin Asian Games

Sekum KONI Sultra, Eryckson Ludji

KENDARIPOS.CO.ID — Delapan wasit asal Sulawesi Tenggara (Sultra) dipercaya memimpin pada pesta olahraga Asian Games XVIII/2018 di Jakarta-Palembang. 8 orang yang terpilih berasal dari tiga cabang olahraga yaitu, dayung 3 wasit, Muh Idham Hatta, Sugianti dan Rabiah. Lalu, cabor sepak takraw meloloskan 3 wasit masing-masing, Wa Daanu, Yusran dan Madani. Dan dua dari cabor menembak, Drs Ashar MM bersama, AKBP Sofyan Modirono S. Sos yang menjabat sebagai Kepala SPKT Polda Polda Sultra.

“Kita bersyukur karena wasit Sultra terpilih. Dan ini merupakan sejarah baru Bumi Anoa di era kepemimpinan pak Lukman Abunawas. Tidak gampang bisa menyumbangkan 8 wasit termasuk dua pelatih dari dayung dan 9 atlet dari cabor Softball, Bisball, Dayung dan Sepak Takraw,” ujar Sekum KONI Sultra, Eryckson Ludji, Selasa (8/5) diruang kerjanya.

Eriyckson mengaku bangga dan mengapresiasi atas terlilihnya para wasit, pelatih dan atlet yang bisa menembus laga internasional seperti ajang Asian Games. Sebab ini merupakan pesta olahraga terbesar multi event setelah Olimpiade. “Kami akan membuatkan baliho sebagai wujud apresiasi dan bentuk kehormatan. Yang pasti ini sangat luar biasa,” katanya.

Sementara itu, salah seorang wasit yang terpilih Ashar mengaku beryukur bisa dipercaya memimpin pertandingan di cabor menembak. Menurutnya, sebelum ditetapkan sebagai wasit Asian Games ada beberapa tes yang harus dilalui bahkan melibatkan tim penilai dari Jerman.

“Dari Sultra waktu di Bali seleksi nasional 9 orang yang lulus hanya 2 orang. Kemudian saat seleksi lisensi internasional di Senayan Januari 2017 kami berhasil lulus. Soalnya cukup berat terkait peraturan dan menggunakan bahasa Inggris. Dan Alhamdulillah kami berdua terpilih,” jelas Ashar. (imn)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top