Pariwara
Buton Utara

PU Butur Bangun Tiga SPAM Penuhi Air Bersih Warga

KENDARIPOS.CO.ID — Pembangunan sarana penyedia air minum (SPAM) di Kabupaten Buton Utara (Butur) kembali dilakukan. Bugdet Rp 1,1 miliar dikucurkan untuk tiga paket kegiatan dalam memenuhi kebutuhan air bersih wilayah Kulisusu, Kulisusu Utara dan Desa Mata. Plot dananya bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

“Pembangunan sarana air minum kembali masuk dalam program memanfaatkan kuncuran DAK. Optimalisasi SPAM Kulisusu Rp 760 juta harus melalui tender, SPAM Kulisusu Utara Rp 200 juta dan Desa Mata Rp 170 juta,” ujar Kepala Seksi Pengembangan SPAM dan Penyehatan Lingkungan Pemukiman Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Butur, Zalman, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (7/5).

Alumni Universitas Sebelas Maret Surakarta itu mengungkapkan, melalui proyek tersebut sarana air bersih mengalir ke sambungan rumah akan bertambah. “SPAM Kulisusu 40 sambungan rumah, SPAM Kulisusu Utara akan dipasangkan water meter. Fungsinya untuk mengukur berapa jumlah air mengalir kediaman warga dengan 60 sambungan rumah. Kemudian SPAM Mata akan dibangun satu unit bak penampung dan mengganti pipa yang rusak,” terangnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Butur, Wawan Wardaya, memastikan, proyek penyediaan air bersih itu merupakan bukti keseriusan pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan publik khususnya air minum dan mempercepat pelaksanaan proyek infrastruktur strategis nasional. Menurutnya, pengembangan SPAM serta prasarana dan sarana sanitasi yang diselenggarakan berdasarkan asas kelestarian, keseimbangan, kemanfaatan umum untuk memenuhi kebutuhan pokok air bersih. “Jika proyek ini sudah jadi, maka secara otomatis, air bersih akan disalurkan ke rumah-rumah warga,” timpal Wawan Wardaya. (b/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top