Pariwara
Buton Tengah

Buteng Terima Bantuan 542 Unit Rumah

Laode Abdul Salam

KENDARIPOS.CO.ID — Tahun ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Buton Tengah (Buteng) kembali mendapat bantuan perbaikan ratusan unit rumah yang dinilai tak layak huni. Bantuan tersebut diprioritaskan bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Hanya saja, warga penerima bantuan tersebut harus bersedia untuk berswadaya.

Kabid Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman PUPR Buteng, Laode Abdul Salam, mengatakan, total bantuan yang akan disalurkan itu sebanyak 542 unit. Para penerima tersebar di lima desa dan dua kelurahan, yakni Air Bajo, Dahiango, Oengkolaki, Banga dan Tanailandu.

“Sementara untuk kelurahan terdiri dari Watolo dan Mawasangka. Kami berharap bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik sesuai harapan. Apalagi bantuan bersumber dari dana pusat yang disalurkan melalui satuan kerja (Satker) PUPR Sultra,” ungkapnya, Selasa (8/5).

Abdul Salam menjelaskan, syarat utama untuk mendapat bantuan adalah penerima menyatakan bersedia untuk berswadaya. Artinya, penerima bantuan bersedia untuk membiayai salah bagian dari rumah yang dibangun. “Ada dana pribadi masyarakat yang dikeluarkan dalam implementasi program tersebut. Entah itu, pondasi, atap, dinding, atau bagian rumah lainnya. Mereka yang tidak bersedia berswadaya, terpaksa harus dicoret sebagai penerima bantuan. Jangan dianggap bantuan ini tidak menyentuh masyarakat miskin tapi aturannya sudah menyatakan demikian. Artinya, sasaran program ini adalah masyarakat yang ingin berswadaya,” tegasnya.

Dia mengungkapkan, total bantuan yang diberikan sebanyak Rp 15 juta tiap unit. Terdiri dari Rp 12,5 juta belanja material dan Rp 2,5 juta upah tukang. Kendati demikian, bantuan tidak diberikan dalam bentuk uang tunai tapi penyediaaan bahan perbaikan rumah. Langkah tersebut dilakukan agar bantuan yang diberikan tidak disalahgunakan oleh masyarakat. “Tim verifikasi dari Satker PUPR Sultra, turun langsung melakukan penilaian. Dengan demikian, bantuan tersebut dipastikan tepat sasaran. Sementara tugas kita di Buteng hanya mengawasi dan mengusul penerima bantuan,” tutupnya. (c/myu).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top