Pariwara
Muna

Blangko Tersedia, Ribbon di Muna Habis

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Proses perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) terus dilakukan pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Muna. Stok blangko kini bertambah. Awal pekan lalu, Kementerian Dalam Negeri telah mendistribusikan 10.000 blangko dan sudah tiba di dinas setempat. Jumlah tersebut perkirakan mampu memenuhi permintaan penduduk.

Kepala Disdukcapil Muna, Abdul Munir, mengatakan, untuk 2018 ini Muna sudah dua kali menerima jatah blangko, masing-masing 10.000 ribu keping. Proses percetakan diupayakan lebih optimal lagi. “Perkiraan kami blangko sudah cukup untuk mengganti Suket maupun cetak baru bagi masyarakat,” jelasnya. Satu-satunya kendala yang dihadapi saat ini adalah minimnya stok pita ribbon (tinta khusus mencetak KTP-el). Disdukcapil mengaku memiliki keterbatasan dana untuk penambahan ribbon karena plot anggaran untuk itu hanya Rp 20 juta dalam APBD Muna.

“Itu hanya cukup untuk tiga ribbon, sementara satu ribbon itu hanya cukup untuk mencetak 500 keping KTP-el,” sebutnya. Abdul Munir menambahkan, dalam setahun harusnya belanja ribbon mencapai Rp 300 juta untuk memenuhi permintaan cetak KTP-el. Makanya dalam anggaran perubahan nantinya akan diusulkan penambahan anggaran sebesar Rp 100 juta khusus untuk belanja ribbon tersebut. “Itu wajib. Kalau tidak, kita tak bisa cetak,” tandasnya. (c/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top