Pariwara
Buton

Tuntaskan Enam Raperda, DPRD Buton Reses

KENDARIPOS.CO.ID — Langkah penyerapan aspirasi di level konstituen mulai diangendakan para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton. Pekan ini, reses akan dimulai pada sejumlah desa dan kecamatan yang ada, sekaligus menindaklanjuti enam rancangan peraturan daerah (Perda) yang diparipurnakan DPRD Buton bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

Ketua DPRD Buton, La Ode Rafiun menyebutkan, enam Raperda tersebut terkait retribusi tempat rekreasi dan olahraga, retribusi pemakaian kekayaan daerah, penerbitan surat izin usaha perdagangan, penyelenggaraan pendaftaran perusahaan, tata cara pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa, serta susunan organisasi tata kerja pemerintahan desa dan badan permusyawaratan desa.

“Setelah paripurna enam Raperda ini, sebagai tugas dan kewajiban DPRD akan melakukan kegiatan reses selama enam hari,” jelas Rafiun, senin (7/5). Pada reses nanti, DPRD Buton akan menyinkronkan antara Raperda yang telah disusun Pemkab. Ia menambahkan, draf produk hukum lokal tersebut merupakan usulan masyarakat yang kemudian diramu DPRD dan diserahkan pada eksekutif.

“Raperda ini telah diharmonisasi dan dievaluasi Pemprov dan selanjutnya kita paripurna untuk melegalkan. Pelaksanaan Perda ini akan ditindaklanjuti dengan peraturan bupati. Setelah itu baru bisa digunakan sebagai satu kekuatan hukum yang ada di Kabupaten Buton,” jelasnya. Mengenai retribusi tempat rekreasi dan olahraga belum semua tempat wisata akan ditarik. Namun hanya tempat-tempat wisata yang sudah layak dikunjungi, serta sarana dan prasarana memadai.

Rafiun berharap, Pemkab Buton sebisa mungkin memacu semua akses pariwisata yang ada. Sehingga kedepannya, seluruh destinasi tersebut dapat memberi kontribusi bagi daerah. (c/mel)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top