Pariwara
Politik

KPU Konsel Segera Rekrut Badan Adhock di Tiga Kecamatan

SELEKSI BADAN AD HOCK : Ketua KPUD Konsel, Herman menerima naskah soal seleksi PPK dan PPS dari KPU Sultra beberapa waktu lalu. Foto: Dokumen KP

KENDARIPOS.CO.ID — Perekrutan badan ad hock Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe Selatan (Konsel) masih menyisakan persoalan. Pasalnya, ada tiga kecamatan pemekaran yang belum memiliki penyelenggara ditingkat kecamatan maupun desa/kelurahan.

Ketua KPUD Konsel, Herman mengakui hal itu. Tiga kecamatan tersebut yakni Kecamatan Andoolo Barat, Sabulakoa dan Kolono Timur. Makanya, ia telah meminta KPU RI menyikapi persoalan ini. Apalagi tahapan Pemilu 2019 telah dimulai. Dari hasil komunikasi tersebut, KPU RI akhirnya memberikan titik terang.

“Kami telah mendapat kejelasan. Surat yang dikirim sekretariat telah dijawab KPU RI. Mereka telah menyetujui untuk dilakukan perekrutan di tiga kecamatan tersebut dalam waktu yang sesingkat-singkatnya,” beber Herman saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (7/5)

Seperti hanya perekrutan sebelumnya, tahap pendaftaran panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan petugas pemungutan suara (PPS) dilakukan secara terbuka untuk umum. “Jadi siapa saja boleh yang penting sesuai domisili. Ini sesuai dengan PKPU nomor 3 yang dirubah dalam PKPU 12 tahun 2018 tentang badan ad hock,” jelasnya.

Pada Pilkada 2018 ini lanjutnya, penyelenggaranya Pemilu baik tingkat PPK dan PPS di kecamatan ini masih tergabung dengan daerah induk. Namun dalam pemilihan calon anggota legislatif (Pilcaleg) dan pemilihan presiden (Pilpres) nanti, tiga kecamatan ini sudah memiliki perangkat penyelenggara Pemilu sendiri.

“Kami berharap agar ini dapat segera terealisasi, mengingat beban kerja di masing-masing kecamatan induk begitu berat. Jadi tidak ada yang berubah, Daftar Pemilih Tetap (DPT) tinggal disesuaikan hasil pemutakhiran sebelumnya,” tandasnya. (b/kam)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top