Pariwara
Buton Tengah

DKP Buteng Kembangkan Budidaya Kepiting Bakau

Muh. Rijal

KENDARIPOS.CO.ID — Stimulan bagi masyarakat yang berminat mengembangkan budi daya kepiting bakau diberikan pihak Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Buton Tengah (Buteng). Program tersebut merupakan bantuan yang disalurkan Kementerian Desa Tertinggal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah pesisir.

Kepala DKP Buteng, Muh. Rijal, mengatakan, sebenarnya ada beberapa wilayah memiliki potensi untuk membudidayakan kepiting bakau. Hanya saja, untuk tahun ini bantuan Kementerian Desa Tertinggal dialokasikan untuk satu wilayah yakni Tanailandu. “Bantuan ini hanya tahap awal. Ke depan kita akan upayakan agar semua daerah yang berpotensi bisa mendapatkan bantuan ini. Kami berharap bantuan bisa dimanfaatkan dengan baik agar nantinya bisa dinikmati daerah lainnya,” ungkapnya, Senin (7/5).

Untuk diketahui, selain Desa Tanailandu, ada 12 wilayah lainnya yang memiliki potensi untuk mengembangbiakan kepiting bakau. Desa dimaksud adalah Wongko Lakudo, Matawine, Teluk Lasongko, Mone, Moko, Wajo Gu dan Langkomu. Selain itu, ada Bangu, Oengkolaki, Kanapanapa, Terapung dan Air Bajo. “Semua desa yang kami sebutkan tersebut memiliki kawasan hutan mangrove sehingga dianggap layak untuk mengembangkan kepiting bakau. Apalagi beberapa waktu lalu, tim penilai dari kementerian sudah melakukan evaluasi, utamanya di Desa Tanailandu,” jelasnya.

Rijal mengungkapkan, salah syarat utama untuk mendapatkan bantuan tersebut, desa mesti memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Pihaknya meminta agar 12 desa lainnya memperhatikan persoalan BUMDes tersebut. “Artinya, yang ada harus betul-betul aktif melayani masyarakat,” tutupnya. (c/myu)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top