Space Iklan
Pariwara
Bombana

Disnakertrans Sultra Ditantang Tindak PT AIG di Bombana

Ahmad Maydi

KENDARIPOS.CO.ID — Pihak Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulawesi tenggara (Sultra) ditantang segera melakukan tindakan tegas terhadap manajemen PT Aksanria Indi Grup (AIG). Pasalnya, perusahaan tambang yang beroperasi di Desa Tahi Ite, Kecamatan Rarowatu, Bombana tersebut belum membayar upah 200 karyawannya sejak Januari 2018 lalu. Sebagai pengawas ketenagakerjaan di seluruh kabupaten dan kota di provinsi ini, maka Disnakertrans Sultra dianggap memiliki kewenangan lebih untuk menjatuhkan sanski pada perusahaan yang mengabaikan kesejahteraan karyawan.

Hal tersebut diungkapkan Plh Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial Disnakertrans Bombana, Ahmad Maydi, senin (7/5). Ia menegaskan, pihak PT AIG telah melanggar undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. “Disnaker provinsi harus tegas sebagai pengawas. Kami di daerah tidak bisa berbuat apa-apa karena kebijakan pengawasan telah diambil alih langsung oleh pihak provinsi sejak ada aturan baru. Yang berwenang melakukan tindakan bila ada pelanggaran adalah bidang pengawasan,” jelasnya.

Menurut Ahmad Maydi, tindakan PT AIG dengan tidak memberikan hak karyawan, dapat dikenakan sanksi berat yaitu pencabutan izin. “Tapi tentunya akan dilakukan teguran terlebih dahulu, agar pihak perusahaan segera memenuhi kewajibannya. Namun bila tak diindahkan dan malah menunda-nunda, maka tentu pencabutan izin PT AIG akan dilakukan,” tegasnya.

Pejabat yang akrab disapa Edi itu berharap, pihak DPRD Bombana segera melakukan mediasi melalui agenda rapat dengar pendapat (RDP) dengan mempertemukan pihak perusahaan dan seluruh karyawan. Sebelumnya telah ada beberapa perwakilan pekerja melaporkan PT AIG ke DPRD. “Karyawan sudah melapor dan harusnya segera dipertemukan. Kasihan karyawan yang selama ini hanya “kerja bakti” di PT AIG,” sindirnya. (b/kmr)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top