Pariwara
Metro Kendari

Dana Triwulan II Segera Cair, Rp 239 M Dana BOS Masuk Kasda

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Semua sekolah penerima dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) diminta segera menyerahkan laporan pengelolaan dana BOS triwulan pertama. Sebab itu akan digunakan sebagai salah satu syarat penyaluran dana BOS triwulan II. Tanpa laporan itu, dipastikan dana BOS tak akan ditransfer ke sekolah.

Manager dana BOS Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, La Samahu mengatakan dana BOS sebesar Rp 239 miliar sudah masuk di rekening kas daerah (Kasda). “Sudah masuk di kasda, kita akan segera cairkan ke sekolah, tapi administrasinya belum selesai,” ujar La Samahu, Senin (7/5).

Menurut La Samahi, semestinya dana BOS sudah disalurkan pekan ini akan tetapi terkendala keterlambatan sekolah menyerahkan surat pernyataan pengelolaan dana triwulan I. “Tanpa itu kita tidak bisa menyalurkan, karena harus diketahui lebih dulu penggunaan dana BOS triwulan yang lalu. Sudah aturannya begitu,” ungkap Samahu.

Hingga saat ini, masih sekira 30 sekolah yang belum menyerahkan laporan. Pihaknya sudah mendesak untuk segera menyelesaikan kewajiban sekolah. “Kita beri waktu sampai hari Rabu. Kalau tidak kita tinggalkan, yang siap saja kita salurkan,”tegas Samahu.

Lebih dari itu, syarat lain yakni kepala dinas Dikbud kabupaten dan kota harus menandatangani tanda bukti kas. “Triwulan II ini harus tuntas bulan ini, karena harus kita siapakan lagi triwulan III, ” tukas Samahu. Dia mengingatkan para kepala sekolah bahwa 20 persen dari dana BOS yang dicairkan adalah pengadaan buku untuk siswa. Selama ini sekolah belum memahami itu sepenuhnya. “Minimal satu siswa satu buku, jadi kalau di sekolah ada sembilan mata pelajaran maka sembilan buku dipegang siswa,”pungkasnya. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top