Pariwara
Muna

41 Desa di Muna Terima Dana Afirmasi

Budiman Syawal

KENDARIPOS.CO.ID — 41 Desa di Kabupaten Muna mendapat jatah lebih dalam postur dana desa. Anggaran lebih yang diperoleh desa-desa itu disebut dana afirmasi dan diberikan berdasarkan jumlah penduduk miskin. Dengan dana tersebut, desa diharapkan mampu meningkatkan program pemberdayaan masyarakat. Kepala Bidang Keuangan dan Aset Desa Pemkab Muna, Budiman Syawal, menjelaskan, dana afirmasi merupakan bantuan khusus yang diberikan pada desa yang penduduk miskinnya di atas 300 jiwa berdasarkan data Badan Pusat Statistik Muna.

Penduduk miskin dimaksud diukur dari jumlah konsumsi kalori dibawah 2.100. “Datanya dari BPS. Yang tetapkan Kementerian Desa secara langsung. Dana afirmasi sendiri ini untuk membantu desa mengentaskan kemiskinan,” terangnya, senin (7/5). Ia melanjutkan, dana afirmasi diperoleh 3 persen dari total pagu anggaran DD kabupaten yakni Rp 102 miliar. Lebih rinci, dalam pagu DD sendiri 77 persen dana dibagi secara merata di 124 desa yang ada. Selanjutnya, 20 persen dari pagu disebut dana formula yang diberikan pada desa dengan empat kriteria yakni luas wilayah, jumlah penduduk, jumlah penduduk miskin dan kesulitan geografis.

“Tiga persen dari pagu khusus untuk dana afirmasi. Di Muna jumlahnya Rp 306 juta dan dibagi rata 41 desa. Kurang lebih Rp 70 juta tiap desa,” tambahnya. Khusus di Muna, dua desa yakni Tapi-Tapi dan Pasikuta di Kecamatan Marobo berhak mendapat dua kali dana afirmasi. Dua desa tersebut merupakan wilayah pesisir dan terluar serta paling tertinggal di Muna. Hal itu sesuai instruksi Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal. “Mungkin karena kondisi geografis yang sulit dan penduduk miskinnya banyak,” papar Budiman Syawal.

Dana afirmasi sendiri akan melekat dalam postur APBDes. Pencairan akan dilakukan bersamaan dengan DD. “Kebijakan ini tergolong baru, karena mulai tahun ini. Harapannya untuk memberdayakan ekonomi masyarakat,” pungkas Budiman. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top